Pengembangan Instrumen Analisis Kinerja untuk Tutor Online di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka

  • Wulanda Sari Student
  • Erry Utomo
  • Cecep Kustandi
Keywords: Instrument; performance analysis; Tutor Online; Behavior Engineering Model; Fourteen Key Elements in Making Surveys.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen analisis kinerja untuk mengidentifikasi kesenjangan kinerja tutor dari kegiatan tutorial online di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP UT) berdasarkan teori Behaviour Engineering Model oleh Thomas Gilbert. Pengembangan instrumen mengadaptasi langkah-langkah yang dikemukakan oleh Jean Barbazette (2006) yakni Fourteen Key Elements inf Making Surveys. Instrumen yang dihasilkan adalah dua buah kuesioner yang dikemas secara online melalu google form. Instrumen yang dihasilkan diuji kelayakannya dengan analisis teoretis oleh para ahli dan analisis empiris dengan mengujicobakan instrumen pada responden. Ahli yang dilibatkan adalah ahli materi, ahli evaluasi, dan ahli bahasa. Uji coba instrumen dilakukan pada 48 orang tutor online FKIP UT. Hasil penelitian menghasilkan instrumen analisis knerja berupa kuesioner yang telah ditinjau oleh para ahli dengan kategori sangat sesuai. Setelah diuji coba dengan SPSS, seluruh butir instrumen dinilai valid dan reliabel dengan tingkat reliabilitas sebesar 0,922 dengan kategori sangat andal. Berdasarkan hasil tersebut, instrumen dapat dikatakan layak untuk digunakan.

Published
2019-09-01
How to Cite
Sari, W., Utomo, E., & Kustandi, C. (2019). Pengembangan Instrumen Analisis Kinerja untuk Tutor Online di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 2(2), 90-95. https://doi.org/10.21009/JPI.022.02

Most read articles by the same author(s)

> >>