EVALUASI PEMANFAATAN LABORATORIUM BAHASA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAHASA JEPANG DI SMAN 97 JAKARTA

  • Suprayekti Suprayekti
  • Zuhdy Hs.
  • Fiki Amalia Lubis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan laboratorium bahasa sebagai sumber belajar bahasa jepang di SMAN 97 Jakarta berdasarkan enam tahapan (Penilaian isi pengetahuan laboratorium bahasa yang bersifat mendidik; Keuntungan relatif; Tujuan dan penilaian; Desain straregi integrasi; Lingkungan instruksional; Evaluasi dan revisi strategi integrasi). Sampel dalam penelitian ini adalah Guru Bahasa Jepang dan 15 siswa kelas XI di SMAN 97 jakarta yang sedang melaksanakan pembelajaran bahasa jepang dan tingkat respon yang didapatkan sebesar 78,1%. Metode yang digunakan adalah Evaluasi Formatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, menyebar kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk wawancara dan observasi, sedangkan untuk kuisioner dengan analisis deskriptif kualitatif dengan teknik prosentase. Hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai evaluasi pemanfaatan laboratorium bahasa sebagai sumber belajar bahasa jepang di SMAN 97 Jakarta mulai tahap Penilaian isi pengetahuan laboratorium bahasa yang bersifat mendidik; Keuntungan relatif; Tujuan dan penilaian; Desain straregi integrasi; Lingkungan instruksional; Evaluasi dan revisi strategi integrasi semua sudah cukup baik.

Published
2013-05-13