EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PELATIHAN TEKNISI AUDIO TAHUN ANGGARAN 2012 DI BBPLKLN CEVEST

  • Laila Nasyaliyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas program pelatihan Teknisi Audio tahun anggaran 2012  di BBPLKLN CEVEST. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Daniel Stufflebeam, dkk. Penelitian ini dilaksanakan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Luar Negeri, Jalan Guntur Raya No.1 Bekasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode evaluatif dengan menggunakan teknik survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran angket, observasi, wawancara dan analisa dokumen. Sumber data dalam penelitian ini ialah peserta pelatihanpengembang yaitu bidang program dan evaluasi, pengelola yaitu bidang penyelenggaraan dan pemberdayaan serta Instruktur pelatihan. Hasil penelitian mengenai Context diperoleh bahwa permasalahan, tujuan pelatihan, sangat relevan dengan analisis kebutuhan yang dilakukan. Sedangkan dari segi lingkungan, program pelatihan Teknisi Audio bermanfaat bagi para peserta pelatihan sehingga dapat menjadikan peserta pelatihan menjadi seorang Teknisi yang professional sesuai dengan kebutuhan industri. Hasil Penelitian mengenai Input diperoleh semua peserta pelatihan sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Instruktur pelatihan juga sesuai dengan kompetensi dan persyaratan yang ada. Kurikulum sudah relevan dengan materi yang disampaikan. Metode dan media yang digunakan juga sudah cukup sesuai dengan tujuan pelatihan. Anggaran yang dibutuhkan sudah mencukupi walaupun tidak maksimal. Jadwal pelatihan sudah cukup efektif secara umum karena sudah sesuai dengan rencana yang dibuat. Sarana dan prasarana tersedia dan cukup lengkap, juga cukup nyaman namun masih perlu perawatan agar lebih layak untuk digunakan. Hasil penelitian mengenai process, diperoleh bahwa  kualitas materi yang dibuat sudah relevan dengan kurikulum dan kebutuhan peserta pelatihan. Kualitas proses belajar mengajar juga sudah cukup baik melihat hasil wawancara dan penyebaran koesioner. Kualitas evaluasi yang dilaksanakan sudah cukup baik karena sudah dapat memberikan gambaran secara keseluruhan proses pelaksanaan pelatihan, dan kualitas strategi pembelajaran  sudah cukup baik.


Hasil penelitian mengenai produk, diperoleh bahwa 50% lulus dengan nilai diatas 80. 37,5% dinyatakan lulus dengan nilai dibawah 80 dan 12,5 % dinyatakan tidak lulus dikarenakan tidak mengikuti pelatihan hingga penutupan pelatihan. 

Published
2013-05-13
How to Cite
NASYALIYAH, Laila. EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PELATIHAN TEKNISI AUDIO TAHUN ANGGARAN 2012 DI BBPLKLN CEVEST. Jurnal Pembelajaran Inovatif, [S.l.], v. 1, n. 1, may 2013. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpi/article/view/1390>. Date accessed: 25 sep. 2017.
Citation Formats