PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU-SEJARAH KELAS VIII

STUDI EKSPERIMEN DI SMPN 41 JAKARTA

  • Robinson Situmorang
  • Mochtar M.Noor
  • Siti Farhana Qolbi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar IPS Terpadu¾Sejarah kelas VIII dalam topik Perjalanan Meraih Kemerdekaan Indonesia antara kelompok yang menggunakan video pembelajaran dan kelompok yang tidak menggunakan video pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan disain variabel tunggal true experiment¾The Posttest, Only Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di SMPN 41 Jakarta pada bulan Januari 2012. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar siswa. Sampel penelitian sebanyak 76 siswa kelas VIII yang terdiri dari 38 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 38 siswa sebagai kelompok kontrol. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol digunakan teknik random sampling.  Hasil dari penelitian ini menyatakan siswa yang mengikuti pembelajaran IPS Terpadu¾Sejarah menggunakan video pembelajaran (A1) memiliki rata-rata skor hasil belajar lebih besar dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran IPS Terpadu¾Sejarah menggunakan gambar diam berupa foto (A2) yakni 80,74 > 77,55. Selain itu, pengujian hipotesis memperoleh nilai thitung lebih besar daripada ttabel (2,27 > 1,99) sehingga dapat dikatakan bahwa hasil pengujian menolak hipotesis nol (H0) dan menerima hipotesis alternatif (Ha). Dengan demikian, penggunaan video pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS Terpadu¾Sejarah kelas VIII di SMPN 41 Jakarta.

Published
2013-05-13
How to Cite
SITUMORANG, Robinson; M.NOOR, Mochtar; QOLBI, Siti Farhana. PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU-SEJARAH KELAS VIII. Jurnal Pembelajaran Inovatif, [S.l.], v. 1, n. 1, may 2013. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpi/article/view/1392>. Date accessed: 21 sep. 2017.
Citation Formats