PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHDAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS IV

  • Wulandari UNJ
  • Suprayekti Universitas Negeri Jakarta
  • Retno Widyaningrum Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pemanfaatan ePenelitian ini bertujuan apakah terdapat pengaruh dari model pembelajaran Project Based
Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Semper Barat 07. Penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu dengan desain One Grup Pretest-Posttest
Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Semper Barat 07 pada bulan November 2019 –
Januari 2020. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar siswa. Sampel penelitian
sebanyak 28 siswa dengan menggunakan teknik Sampling Purposive. Teknik analisis data
menggunakan Uji-t dengan rumus Paired T-Test dengan taraf signifikansi 0,05 karena data data
penelitian telah memenuhi uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan homogenitasvarian.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa model pembelajaran Project Based Learning
memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada Tematik. Berdasarkan perhitungan
menggunakan Uji-t terdapat hasil nilai Thitung>Ttabel pada taraf signidikasi α=0,05 yaitu
3,878>0,374, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian penerapan model
pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran Tematik memiliki pengaruh positif
terhadap hasil belajar siswa dan juga membantu siswa untuk terlibat aktif dalam, bertanggung
jawab dan bekerjasama serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan
bermakna.

Published
2020-03-06
How to Cite
Wulandari, Suprayekti, & Retno Widyaningrum. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHDAP HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS IV. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(1), 45-52. https://doi.org/10.21009/JPI.031.06