Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Berbasis Keterampilan Abad 21 pada SMK

  • Winda Nur Afifa Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Silabus, Successive Approximation Models 1 (SAM1), Desain Grafis Percetakan, Keterampilan Abad 21, Sekolah Menengah Kejuruan.

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menghasilkan sebuah silabus mata pelajaran Desain Grafis Percetakan berbasis keterampilan abad 21 pada sekolah menengah kejuruan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Successive Approximation Models 1 (SAM1) yang dipadukan dengan model desain silabus kurikulum 2013. Model Successive Approximation Models 1 (SAM1) terdiri dari 3 tahapan pengembangan yang diawali dan diakhiri dengan evaluasi, tahapan-tahapanya yaitu: (1) Evaluate (analisis), (2) Design, (3) Develop, (4) Evaluate. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui kuesioner untuk penilaian review ahli dan wawancara untuk uji coba satu-satu. Adapun hasil dari review ahli materi memperoleh skor 3.4 dan ahli desain pembelajaran memperoleh skor 3.8 untuk setiap komponen silabus dan skor 100% untuk prinsip pengembangan silabus. Berdasarkan hasil tersebut silabus yang telah dikembangkan memperoleh skor dengan kategori sangat baik. Sedangkan, hasil dari uji coba satu-satu diperoleh bahwa silabus yang dikembangkan sudah baik, dapat diterima, dan dapat dijadikan panduan oleh guru untuk mengembangkan RPP.

Published
2020-03-06
How to Cite
Winda Nur Afifa. (2020). Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Berbasis Keterampilan Abad 21 pada SMK . Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(1), 53-62. https://doi.org/10.21009/JPI.031.07