PENGEMBANGAN MEDIA CAI SEBAGAI PENGGANTI PIANIKA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VII SMPN 221 JAKARTA

  • Dian Sukmanto

Abstract

Pengembangan Media CAI Sebagai Alat Bantu Pengganti Pianika Pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMPN 221 Jakarta. Skripsi. Jakarta, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2012. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran sebagai pengganti pianika dengan menggunakan model CAI untuk materi seni musik pada mata pelajaran Seni Budaya Kelas VII.  Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 221 Jakarta, yang bertempat di Jl. Sunter Karya Barat, Sunter Agung, Jakarta Utara pada bulan Februari 2012 sampai bulan Juli 2012 dengan responden Guru mata pelajaran Seni Budaya dan siswa kelas VII. Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model pengembangan milik J. Moonen sebagai acuan sistematis pengembangannya. Alur model pengembangan J. Moonen terdiri dari langkah-langkah: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) evaluasi, (5) implementasi. Evaluasi formatif dilakukan untuk mendapatkan informasi atau masukan yang dibutuhkan untuk menyempurnakan produk yang telah dikembangkan. Dari hasil rekapitulasi, didapatkan nilai rata-rata 3,63 pada review ahli, 3,25 pada uji coba One-to-One, 3,29 pada uji coba Small Group dan 3,39 pada ujicoba Field Test Dari nilai yang didapat terlihat bahwa kualitas produk mencapai tingkat baik. Implikasi dari penelitian pengembangan ini adalah bahwa produk telah dikembangkan dengan model pengembangan J. Moonen. Produk Virtual Pianika ini cocok apabila dimainkan oleh siswa kelas VII SMP, karena mereka dapat menggunakan media belajar ini sebagai pengganti alat musik pianika yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam memainkan alat musik pianika.

Published
2013-05-09
How to Cite
SUKMANTO, Dian. PENGEMBANGAN MEDIA CAI SEBAGAI PENGGANTI PIANIKA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VII SMPN 221 JAKARTA. Jurnal Pembelajaran Inovatif, [S.l.], v. 1, n. 1, may 2013. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpi/article/view/1408>. Date accessed: 25 sep. 2017.
Citation Formats