PENGEMBANGAN KOMIK PEMBELAJARAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR ALTERNATIF MATA PELAJARAN “PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN” SISWA KELAS VII

  • Latifah Yamin
Keywords: Pengembangan, Komik Pembelajaran, Sumber belajar alternatif

Abstract

Pengembangan Komik Pembelajaran sebagai Sumber Belajar Alternarif Mata Pelajaran “Pendidikan Kewarganegaraan” Siswa Kelas VII. Skripsi. Jakarta : Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang menyeluruh dan mendetail mengenai proses Pengembangan Komik Pembelajaran sebagai Sumber Belajar Alternarif Mata Pelajaran “Pendidikan Kewarganegaraan” Siswa Kelas VII. Penelitian ini juga bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran yang dapat digunakan sebagai sumber belajar alternatif bagi siswa. Pengembangan mengacu pada model yang berorientasi pada produk oleh Baker and Schutz. Pengembangan ini terdiri dari tujuh langkah utama yaitu,Formulation (Formulasi produk), Instuctional specification (Spsifikasi pembelajaran), Item tryout (Uji coba materi), Product Development (Pengembangan produk), Product tryout (Uji coba produk), Product revision (Revisi produk) dan Operation analysis (Analisis operasional). Produk pembelajaran yang dikembangkan diujicobakan kepada satu orang ahli media dan dua orang ahli materi serta tiga orang siswa dengan uji coba one to one, lima orang siswa dengan uji coba small group, dan tiga puluh delapan orang siswa dengan uji coba field test. Dari hasil uji coba tersebut diperoleh rata-rata keseluruhan evaluasi expert review yaitu ahli media mendapatkan hasil 3,5 dan ahli materi mendapatkan hasil 3,2 dan rata-rata hasil uji coba one to one dengan nilai 3,4 dan rata-rata uji coba small group dengan nilai 3,5 dan rata-rata uji coba field test dengan nilai 3,4. Yang berarti dari semua hasil tersebut, produk pembelajaran untuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang dikembangkan dapat dikategorikan baik. Secara umum pengembangan Pengembangan Komik Pembelajaran sebagai Sumber Belajar Alternarif Mata Pelajaran “Pendidikan Kewarganegaraan” Siswa Kelas VII ini pada umumnya adalah  mengembangkan media untuk sumber pembelajaran. Pengembangan ini diharapkan dapat menjadi produk pembelajaran yang dapat digunakan sebagai sumber belajar /  pelengkap buku teks bai siswa.

Published
2013-05-09