Buku Pedoman Pelaksanaan Evaluasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi

  • Tian Hadiansyah Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia.
  • Eveline Siregar Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia.
  • Retno Widyaningrum Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, Indonesia.
Keywords: Buku Pedoman, Evaluasi Media, Media Pembelajaran Berbasis Jaringan, Media Pembelajaran Berbasis Komputer, Video Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pedoman yang dapat memfasilitasi para pengembang media pembelajaran, khususnya mahasiswa Teknologi Pendidikan dalam melaksanakan evaluasi media pembelajaran. Buku pedoman ini dikembangkan untuk memudahkan para pengembang media pembelajaran untuk menggunakan seperangkat instrumen evaluasi media yang valid dan baku. Adapun perangkat kisi-kisi dan instrumen yang disajikan adalah evaluasi untuk media video pembelajaran, media pembelajaran berbasis komputer dan media pembelajaran berbasis jaringan. Pengembangan buku pedoman dilaksanakan dengan menerapkan model pengembangan produk Rowntree. Model ini terdiri dari tiga tahapan pengembangan yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap persiapan penulisan dan (3) tahap penulisan dan penyuntingan. Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah media cetak berupa buku pedoman pelaksanaan evaluasi media pembelajaran. Berdasarkan hasil uji coba buku pedoman ini memiliki kualitas yang sangat baik dan dapat digunakan untuk memfasilitasi mahasiswa Teknologi Pendidikan pengembang media pembelajaran dalam melaksanakan evaluasi media pembelajaran.

 

This research was aimed to create a gandbookto facilitate the instructional media developers, especially the Educational Technology students while they are conducting instructional media evaluation. This handbook was developed to facilitate them to use a valid and standard set of media evaluation instruments. The instruments that was presented on the book including instruments for evaluating instructional video, computer-based media and network-based media. The development of this handbook was conducted by applying Rowntree product-oriented model. This model consist of three stages: (1) Planning, (2) Writing Preparation and (3) Writing and Editing. The development results is a printed media named Handbook of Instructional Media Evaluation. Accoring to the evaluaton result the handbook has a good quality and can be used as a learning resource to facilitate the students of Educational Technology especially they who develp the instructional media, while conducting evaluation of instructional media.

Published
2018-02-21