MODEL PEMBELAJARAN PERNAPASAN RENANG MELALUI PERMAINAN DI AIR UNTUK SISWA PRASEKOLAH DAN TAMAN KANAK-KANAK

  • Yusrifar Mujibuddin Universitas Negeri Jakarta
  • Oman Unju Subandi Universitas Negeri Jakarta
  • Andri Irawan Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Pernapasan renang, Model Pembelajaran, Preschool, Kindergarden

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk membuat model pembelajaran pernapasan renang menggunakan alat dan tanpa alat melalui permainan di air pada siswa TK B Madania Preschool and Kindergarten Kota Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di Madania Preschool and Kindergarten Kota Bogor Provinsi Jawa Barat. Waktu yang digunakan selama penelitian mulai dari rencana penelitian hingga penyusunan dilakukan pada 8 - 29 januari 2019. penelitian dan pengembangan dilakukan untuk menerapkan model pembelajaran pernafasan renang menggunakan alat dan tanpa alat melalui permainan di air pada siswa TK B Madania Preschool and Kindergarten Kota Bogor. Penelian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Sugiyono (Research and Development) dengan metode yang digunakan adalah pengembangan model. Pengumpulan data ini dengan cara validasi ahli renang, ahli permainan, guru pembelajaran pendidikan jasmani dan hasil ujicoba. Setelah diadakan validasi oleh para ahli dan ujicoba akhirnya tercipta 10 model pembelajaran pernapasan menggunakan alat dan tanpa alat melalui permainan di air pada siswa TK B Madania Preschool and Kindergarten.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran pernafasan menggunakan alat dan tanpa alat melalui permainan di air dapat digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar, sehingga dapat memberikan kontribusi untuk menigkatkan teknik dan ketrampilan bernafas pada siswa TK B Madania Preschool and Kindergarten Kota Bogor.

Published
2018-11-30