MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LONCAT BERBASIS RAINBOW & MUSIC UNTUK SISWA KELAS TK B

  • Moerni Galuh Pratiwi Universitas Negeri Jakarta
  • Eka fitri Novitasari Universitas Negeri Jakarta
  • Mustara Musa Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Model Pembelajaran, Gerak Dasar Loncat, Siswa TamanKanak-Kanak.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuat dan menghasilkan produk model pembelajaran gerak dasar loncat berbasis Rainbow & Music yang dapat diterapkan untuk siswa di Taman Kanak-Kanak pada kelas TK B, sehingga dapat membantu guru pada saat proses pembelajaran motorik kasar, khususnya pada materi gerak dasar loncat yang di kombinasikan dengan pembelajaran tematik. Sesuai dengan tujuan yang digunakan oleh peneliti yaitu sampai enam langkah penelitian atau sampai tahap uji coba produk dengan uji coba kelompok kecil (Small Group Try-out), yang dimana penelitian ini menggunakan metode penelitian Research&Development (R&D) dari Sugiyono.

Setelah peneliti membuat beberapa produk model pembelajaran, selanjutkan akan melalu tahap proses validasi yang dilakukan oleh dua orang para ahli atau telaah pakar (Expert Judgment), kemudian diterapkannya untuk uji coba kelompok kecil (SmallGroup Try-out) pada siswa kelas TK B. Uji coba kelompok kecil (Small Group Try-out)dilakukan pada dua sekolah Taman Kanak-Kanak. Pada masing-masing model pembelajaran yang diterapkan, peneliti menceritakan atau membuat narasi tentang kondisi yang terjadi pada saat penerapan model berlangsung. Kesimpulan pada model pembelajaran gerak dasar loncat berbasis Rainbow&Music ini, dapat digunakan untuk guru di Taman Kanak-Kanak dalam memberikan pembelajaran gerak dasar loncat yang dapat diterapkan untuk siswa di kelas TK B.

Published
2018-11-30