PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR MELEMPAR MELALUI MODIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD

  • Dipa Prayudha Hutama Universitas Negeri Jakarta
  • Eka Fitri Novita Sari Universitas Negeri Jakarta
  • Mustafa Mashur Universitas Negeri Jakarta
Keywords: lemparan dasar, modifikasi media pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melempar gerakan dasar siswa melalui pembelajaran dari kelas 5 Sekolah Dasar Kadugede 1. 21 subjek dan 12 siswa perempuan di SD Kadugede 1 kelas 5.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan, dengan memberikan beberapa hasil khusus dalam pembelajaran untuk melemparkan gerakan oleh kedua tangan siswa melalui modifikasi media pembelajaran. Gerakan melempar tes melempar ke depan, melempar ke atas, dan melempar ke bawah.

Metode pembelajaran melalui pembelajaran karet membantu siswa untuk meningkatkan hasil belajar gerakan lemparan dasar mereka di kelas 5 Sekolah Dasar Kadugede 1. Penelitian ini dilakukan dengan siklus penelitian tindakan. Hal ini dapat dilihat dari subjek yang lulus tingkat tes pertama pada sekitar 7 siswa (21, 2%), sedangkan 26 siswa (78, 8%) masih belum mencapai tingkat kelulusan. Setelah memberikan tindakan, semua siswa telah memiliki tingkat penelitian yang signifikan pada hasil tes tingkat terakhir 33 siswa (100%) secara total.

Published
2019-05-31