MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEJA MENGGUNAKAN PENDEKATAN VISUAL PADA ANAK AUTISME

Penelitian Subyek Tunggal DI Klinik Akita

  • Ditta Zentithia Zuhri
Keywords: Kemampuan Mengeja, Pendekatan Visual, Anak Autis

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan mengeja melalui pendekatan visual  pada anak autism di klinik Akita, Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode single subject reseaech. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil penelitian adanya perubahan kemampuan mengeja pada anak autism melalui penggunaan pendekatan visual oleh peserta didik di klinik Akita, Bekasi.  Penelitian ini berdasarkan hasil yang diperoleh dari sesi 1 (baseline A/1) memperoleh hasil 88% untuk mengeja tanpa melalui pendekatan  visual sedangkan di sesi II  (intervensi B/2) yaitu memperoleh hasil 99% untuk mengeja melalui pendekatan visual bagi peserta didik di Klinik Akita, Bekasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan visual  dapat meningkatkan kemampuan mengeja peserta didik di Klinik Akita, Bekasi.  Implikasi dari Penelitian ini membuktikan bahwa pendekatan visual yang sudah dilaksanakan membantu kesulitan-kesulitan dalam pengajaran terutama hal meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pengajaran mengeja.

Published
2018-01-25