KEMAMPUAN BAHASA ANAK KESULITAN BELAJAR KELAS V SD PANTARA

  • Yanti Salamah
Keywords: Kemampuan Bahasa, Anak Berkesulitan Belajar

Abstract

Penelitian dengan judul kemampuan bahasa anak kesulitan belajar kelas V SD Pantara ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bahasa anak kesulitan belajar kelas v SD Pantara. Penelitian ini dilaksanakan di SD Pantara yang beralamat di Jl. Tebet Barat Dalam no. 39-41. Sumber data berasal dari kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia, dan interaksi yang terjadi antara guru dan murid. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan data secara natural. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis menurut Spradley.Hasil penelitian menunujukan kemampuan bahasa anak kesulitan belajar terbagi ke dalam empat bagian, yaitu : 1) Kemampuan menyimak 2) kemampuan berbicara 3) kemampuan mengarang 4) kemampuan membaca pemahaman. Faktor yang mempengaruhi kemampuan bahasa terdiri dari faktor penghambat internal yaitu 1) pola prilaku 2) emosi 3) motivasi rendah, dan faktor eksternal 1) guru kurang tegas 2) guru kurang optimal dalam menjelaskan materi 3) guru kurang mampu menguasai kelas. Faktor pendorong internal, yaitu 1) daya imajinasi anak, dan faktor eksternal 1) perencanaan yang baik untuk pembelajaran. Upaya pengembangan kemampuan bahasa yang dilakukan guru dengan cara 1) pemberian penguatan 2) penggunaan metode, dan 3) penggunaan media.

Published
2018-01-25