STRATEGI PEMBELAJARAN KONSEP BANGUN DATAR PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Studi Deskriptif Di Taman Kanak-Kanak Sekolah Tunas Indonesia Bintaro

  • Abdul Syukur
Keywords: Strategi Pembelajaran Konsep Bangun Datar

Abstract

Abdul Syukur,Strategi Pembelajaran Konsep Bangun Datar pada Anak Berkebutuhan Khusus, Skripsi, Jakarta: Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2012. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk memperoleh informasi secara mendalam mengenai strategi pembelajaran konsep bangun datar pada anak berkebutuhan khusus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memaparkan strategi pembelajaran konsep bangun datar pada anak berkebutuhan khusus di sekolah tunas indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik deskriptif. Dari hasil penelitian berdasarkan perolehan data secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran konsep bangun datar pada anak berkebutuhan khusus yang tepat adalah dengan pelaksanaan strategi pembelajaran berdasarkan kurikulum pendidikan yang berorientasi pada kemampuan dan ketidakmampuan anak dengan memperhatikan diferensiasi masing-masing individu, yaitu menggunakan strategi dan metode pembelajaran yang tepat disesuaikan dengan kemampuan, kondisi dan kebutuhan anak. Melalui alat peraga dan kreativitas guru dapat menghasilkan pembelajaran baru yang menyenangkan dan menarik sehingga mudah dipahami siswa berkebutuhan khusus.

Published
2018-01-25