Peningkatan Kompetensi Guru SMK dalam Membentuk SDM yang Unggul di Institusi Pemerintahan

  • Nuramalia Hasanah UNJ

Abstract

Pendidikan kejuruan ditujukan untuk memberikan tenaga terampil tngkat menengah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu memberikan keterampilan bagi seluruh guru, terutama untuk mempersiapkan SDM berperan aktif dalam menghasilkan tenaga operator akuntansi untuk memenuhi kebutuhan tenaga administrasi pemerintah daerah dan desa. Peran aktif  SMK berupa penambahan penyampaian materi kompetensi akuntansi pemerintah, sehingga lulusannya dapat terserap di pemerintah daerah dan desa.

Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan di SMKN 51 bekerja sama dengan TIM MGMP Jakarta Timur 2 guna meningkatkan pemahaman para guru terhadap siklus akuntansi pemerintah daerah sehingga dapat melakukan pencatatan keuangan dan pelaporan keuangan di instansi pemerintah. Kegiatan ini meliputi 1) pemahaman tentang anggaran pemerintah dan dokumen pendukungnya, 2) siklus akuntansi pemerintahan, 3) pencatatan dan pelaporan keuangan pemerintah daerah dan bahan praktik, 4) pencatatan dan pelaporan keuangan pemerintah daerah dan praktik pembuatan laporan keuangan desa.

Pencapaian hasil kegiatan ini adalah 1) Para guru meningkat pemahamannya mengenai pengetahuan siklus akuntansi pemerintahana, 2) para guru memperoleh keterampilan dalam melakukan pencatatan keuangan dan pelaporan keuangan pemerintah daerah dan desa, 3) penguasaan penggunaan teknologi informasi dalam membuat laporan keuangan pemerintah daerah dan desa, 4) didukung penyediaan sarana dan prasarana kegiatan.

Published
2019-12-05
How to Cite
Hasanah, N. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru SMK dalam Membentuk SDM yang Unggul di Institusi Pemerintahan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 3(2), 333 - 347. https://doi.org/10.21009/JPMM.003.2.12