Pemanfaatan Media Komik Digital Melalui Unsur PPR (Paradigma Pedagogi Reflektif) Pada Matakuliah Sejarah Asia Barat Modern

  • Brigida Intan Printina Universitas Sanata Dharma
Keywords: Media, Komik Digital, Sejarah Asia Barat Modern

Abstract

The Use of Digital Comic Media in Modern West Asian History Courses has been developed as an effective medium in learning. For this reason, this study aims to analyze about 1) Digital Comic Media Through the Elements of PPR (Reflective Pedagogy Paradigm); 2) Results of action from Digital Comic Media. The method used is qualitative research that describes activities or information about ongoing class conditions. The research data was collected through observation with a sampling technique known as purposive sampling. The sample used is one of the informants to get information about the right media. The results showed that 1) the use of digital comic media in Modern West Asian History courses was carried out through 3 elements, namely Competence including mastery of one of the material in the subject of Modern West Asian History, Concern described through reflection in digital comics, and Compassion extracting action through the use of digital comics that are in accordance with the relevance of learning regional history for the progress of the nation; 2) of the 50 students who take the Modern West Asian History course there are 60% of students who get A grade, get B score as much as 28% of students, and get C score of 6% of students, and the rest do not take lectures from the beginning.

Pemanfaatan Media Komik Digital Pada Matakuliah Sejarah Asia Barat Modern  telah dikembangkan sebagai media yang efektif dalam pembelajaran. Untuk itu, penelitian ini bertujuan menganalisis tentang 1) Media  Komik Digital Melalui Unsur PPR (Paradigma Pedagogi Reflektif) ; 2) Hasil aksi dari Media  Komik Digital. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menggambarkan tentang kegiatan atau informasi tentang kondisi kelas yang sedang berlangsung. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dengan teknik cuplikan yang dikenal dengan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah salah satu informan untuk mendapatkan informasi mengenai media yang tepat. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) pemanfaatan media komik digital pada mata kuliah Sejarah Asia Barat Modern telah dilakukan melalui 3 unsur yaitu Competence meliputi penguasaan salah satu materi pada mata kuliah Sejarah Asia Barat Modern, Concience  yang diuraikan melalui refleksi di komik digital,dan  Compassion penggalian aksi melalui pemanfaatan komik digital yang sesuai dengan relevansi pembelajaran sejarah kawasan bagi kemajuan bangsa; 2) dari 50 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Sejarah Asia Barat Modern ada 60% mahasiswa yang mendapat nilai A, mendapat nilai B sebanyak 28% mahasiswa,   dan mendapatkan nilai C sebanyak 6% mahasiswa,  dan sisanya tidak mengikuti perkuliahan sejak awal.

Published
2019-01-31
How to Cite
Printina, B. I. (2019). Pemanfaatan Media Komik Digital Melalui Unsur PPR (Paradigma Pedagogi Reflektif) Pada Matakuliah Sejarah Asia Barat Modern. Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(1), 1 - 13. https://doi.org/10.21009/JPS.081.01