Author Guidelines 

FORMAT PENULISAN ARTIKEL JURNAL PEMBERDAYAAN SEKOLAH DASAR

1. Persyaratan Manuskrip

Naskah yang diserahkan kepada editor dalam bahasa Indonesia atau Inggris yang merupakan catatan / makalah asli, belum diterbitkan, tidak dipertimbangkan untuk publikasi di media nasional atau internasional lainnya, jurnal atau majalah, dan belum dikirim ke media cetak lainnya. Penulis menjamin bahwa teks yang dikirimkan tidak mengandung unsur plagiarisme atau pelanggaran etika akademik lainnya. Pelanggaran apa pun sepenuhnya merupakan tanggung jawab penulis.

2. Ragam Manuskrip

Naskah berupa hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat yang memiliki relevansi dengan persoalan pemberdayaan sekolah dasar baik untuk pengembangan teknologi, mutu pendidik dan peserta didik, pengenalan kurikulum, serta penerapan model pembelajaran.

3. Struktur Manuskrip

a. Judul: Menjelaskan isi naskah yang disajikan secara singkat dan padat, tidak terlalu spesifik / sempit, tetapi juga tidak terlalu umum, dengan panjang paling banyak 14 kata.
b. Identitas Penulis: Nama penulis ditulis secara lengkap, tanpa judul, alamat e-mail, dan nama dan institusi / institusi. Jika penulis skrip lebih dari satu orang, alamat email yang tercantum adalah alamat penulis utama yang disebutkan dalam urutan utama nama penulis.
c. Abstrak: Informatif, berisi latar belakang, masalah, tujuan, metode pelaksanaan kegiatan, tempat dan waktu kegiatan, hasil atau produk kegiatan, dan saran. Abstrak ditulis singkat tanpa formula / perhitungan statistik, mulai dari 150-250 kata dan disusun dalam satu paragraf, dan dilengkapi dengan setidaknya tiga kata kunci yang merupakan konsep penting dalam teks. Judul dan abstrak ditulis dalam versi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
d. Pendahuluan: berisi kondisi atau masalah yang melatarbelakangi sehingga pelaksanaan kegiatan PkM terjadi serta penjelasan tentang tujuan kegiatan. Konten awal tidak melebihi 20% dari entri.
e. Metode: berisi tempat dan waktu kegiatan, prosedur kegiatan, dan uraian cara yang digunakan dalam menyelesaikan masalah.
f. Hasil dan Pembahasan: Menjelaskan tentang hasil atau luaran PkM bisa berupa peningkatan pengetahuan, keterampilan atau berupa produk. Hasil juga mengemukakan tingkat ketercapaian target kegiatan. Jika berupa benda perlu ada penjelasan spresifikasi produk, keunggulan dan kelemahannya. Penulisan luaran perlu dilengkapi foto, tabel, grafik, bagan, gambar dsb. Pembahasan berurut sesuai dengan urutan dalam tujuan, dan sudah dijelaskan terlebih dahulu. Pembahasan disertai argumentasi yang logis dengan mengaitkan hasil PkM dengan teori, hasil PkM yang lain dan atau hasil penelitian.
g. Kesimpulan: terdiri dari (a) kesimpulan ditulis secara ringkas tetapi menggambarkan substansi
hasil PkM atau jawaban atas permasalahan, dan (b) saran berupa rekomendasi untuk kegiatan
PkM berikutnya. Kesimpulan dan saran disajikan dalam bentuk paragraf.
h. Referensi dan Kutip: menggunakan teknik rujukan yang dikurung (nama akhir, tahun) atau
berdasarkan model APA 6th (American Psychological Association), contoh: (Sitepu, 2014).
Semua sumber referensi harus terdaftar dalam daftar rujukan. Sumber rujukan setidaknya 80%
dari literatur yang diterbitkan 10 tahun terakhir. Jumlah perpustakaan yang direferensikan
untuk hasil penelitian setidaknya 10 perpustakaan dan untuk hasil studi setidaknya 25
perpustakaan. Contoh penulisan bibliografi disusun dengan cara berikut, diurutkan
berdasarkan abjad dan kronologis:

Book:
Januszewski, A.,& Molenda, M. (2008). Educational technology: A de nition with commentary.
New York: Routledge.

Newby, T. J., et.al. (2010). Educational technology for teaching and learning (4th ed). London:
Pearson.

Electronic Book:
Niemann, S., Greenstein, D., & David, D. (2004). Helping children who are deaf: Family and
community support for children who do not hear well. Diakses dari http://www.hesperian.org/publications_download_deaf.php


Book collection of articles:
Saukah, A. & Waseso, M.G. (Eds.). (2002). Menulis artikel untuk jurnal ilmiah (edisi ke-4,
cetakan ke-1). Malang: UM Press.


Articles in a collection of articles:
Russel, T. (1998). An alternative conception: representing representation. Dalam P.J. Black & A.
Lucas (Eds.), Children’s Informal Ideas in Science (hlm. 62-84). London: Routledge.


Articles in journals or magazines:
Sadid, A. (2014). Model desa terpadu PAUDNI mewujudkan masyarakat pembelajar sepanjang
hayat. Jurnal VISI PPTK-PAUDNI, 9 (1), 56-67.


Articles in electronic newspapers:
Maruli, A. (November, 2013). Pemerintah alokasikan Rp 2,40 triliun untuk paud nonformal dan
informal. Antaranews.com. Diakses dari http://www.antaranews.com/berita/405210/pemerintah- alokasikan-rp-240-triliun-untuk-paud-nonformal-dan-informal pada tanggal 10 Desember 2013.

Newspaper / news in newspaper (without author name):
Wanita kelas bawah lebih mandiri. (2010, 22 April). Kompas, p. 3

Official document:
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1978). Pedoman penulisan laporan penelitian. Jakarta: Depdikbud. Undang-undang Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

Books of translation:
Zainu, M. (2010). Solusi pendidikan anak masa kini. (Syarif Hade, penterjemah). Jakarta: Mustaqiim.

Thesis, Dissertation, Research Report:
Septiani, M. (2015). Pengalaman pusat kegiatan belajar masyarakat dalam memfasilitasi masyarakat Jakarta Utara belajar sepanjang hayat: Sebuah studi fenomenologi di Jakarta Utara. Tesis tidak diterbitkan. Jakarta: PPS UNJ.

Internet (articel on online journal):
Johns, E., & Mewhort, D. (2009). Test sequence priming in recognition memory. Journal of Experimental Psychology: Learning, Memory and Cognition, 35, 1162-1174. doi: 10.1037/a0016372

4. Teknis Manuskrip

Manuskrip diketik dalam format A4, menggunakan font Arial tipe 10-titik dengan spasi 1,5. Panjang naskah berkisar antara 4000-10.000 kata yang diserahkan kepada tim redaksi dalam bentuk soft copy ke program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Tabel diberi nomor secara berurutan dan diberi judul secara singkat, ditempatkan di atas tabel dan diketik dengan huruf besar pada awal setiap kata. Gambar, termasuk grafik, bagan, diagram, peta, foto, atau sketsa diberi nomor secara berurutan dengan anotasi dan ditempatkan di bawah gambar. Berikut ini adalah contoh penulisan tabel dan gambar.

 5. Penyerahan Manuskrip

Naskah dikirim ke Editor Jurnal melalui program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Editor
hanya menerima dan mempertimbangkan naskah yang memenuhi syarat yang tercantum di atas.
Penulis tidak dikenakan biaya pengiriman dan Editor tidak berkewajiban untuk kembali ke penulis
naskah yang tidak dimuat.


6. Peninjauan Manuskrip

Manuskrip yang dikirimkan ke redaksi dari seleksi awal dikirim ke satu atau dua blind reviewer
(reviewer tidak tahu nama penulis dan sebaliknya) untuk meninjau kemungkinan publikasi.
Penulis berkewajiban untuk meningkatkan (jika perlu) teks sesuai dengan saran pengulas sebagai
syarat untuk penerbitan artikel.