MODEL PENDIDIKAN GURU VOKASIONAL YANG PEDULI LINGKUNGAN HIDUP

  • Henita Rahmayanti Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta
  • Rosmawita Saleh
  • Amos Neolaka
Keywords: Model pendidikan, guru vokasional, peduli lingkungan

Abstract

Kemajuan teknologi informasi sangat pesat pada masa sekarang ini, sehingga setiap pristiwa yang terjadi  baik dan buruk,  pada waktu yang bersamaan dapat diketahui oleh semua pihak termasuk peserta didik.  Hal ini memberikan makna pada bahwa semua pristiwa yang terjadi, seperti: maraknya korupsi, kebebasan seksual, perkosaan anak-anak, pornografi, narkoba,  dan perilaku kehidupan yang tidak mencintai/peduli lingkungan,  menjadi konsumsi peserta didik kita sehari-hari. Sangat disadari bahwa  model pendidikan kita saat ini belum cukup mendorong peserta didik  khususnya generasi usia produktif untuk peduli pada lingkungan hidup.  Dikatakan demikian karena pelaku pendidikan, seperti: orangtua, guru/pendidik, para pemimpin, dan masyarakat kurang memberikan contoh teladan harmonis dengan lingkungan,  yang dapat ditiru anak-anak atau peserta didik.  Orangtua menyerahkan anaknya pada guru, sebaliknya guru mengembalikannya kepada orangtua, sementara pengaruh teknologi informasi memberi dampak pada perilaku anak didik.  Maka dibutuhkan model pendidikan guru khususnya guru vokasional yang menjadi contoh peduli pada lingkungan hidup.  Model pendidikan ini dapat berjalan jika ada kemauan untuk melaksanakannya. Tujuan penulisan adalah untuk mengemukakan adanya model pendidikan guru vokasional yang memperhatikan dan peduli lingkungan hidup.  Kita semua menginginkan agar generasi usia produktif, yaitu siswa-siswa yang sekarang belajar di  PAUD/TK, sekolah dasar/SD, dan bayi yang akan lahir lima tahun mendatang, memperoleh pendidikan yang layak dan mencintai lingkungan hidupnya agar keberlanjutan dapat diwujudkan.  Pada saat sekarang ini  Model pendidikan yang bagaimana yang dapat menolong generasi penerus peduli pada lingkungan hidup

Published
2017-05-10
Section
Articles