PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DENGAN TEKNOLOGI EFISIENSI PENCAHAYAAN RUANG DALAM BANGUNAN RAMAH LINGKUNGAN

  • Doddy Rochadi Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta
  • Cynthia Riescanita Putri Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta
  • Henita Rahmayanti Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Perkembangan kota besar yang sangat pesat telah menyebabkan bermunculnya bangunan-bangunan bertingkat tinggi. Efisiensi energi adalah istilah umum yang mengacu pada penggunaan energi lebih sedikit untuk menghasilkan jumlah layanan atau output. Dalam pandangan masyarakat  umum efisiensi energi diartikan juga sebagai penghematan energi. Pencahayaan pada gedung terutama perkantoran yang diolah pada umumnya menggunakan pencahayaan buatan, pemanfaatan pencahayaan alami masih kurang diolah. Oleh karena itu pengolahan bukaan atau lubang cahaya sebagai media pencahayaan alami dengan daya serap yang tinggi membawa kemungkinan dari pemanfaatan pencahayaan alami di dalam gedung. Dalam hal ini aspek yang diteliti adalah penggunaan simulasi DIALux EVO untuk menganalisa besarnya konsumsi energi pada bangunan gedung dan mengenali cara-cara untuk penghematannya. Perancangan ini mula-mula dengan membuat desain bangunan menggunakan autoCAD dan kemudian merancang sistem pencahayaan menggunakan software DIALux EVO. Hal yang mungkin menjadi permasalahan, dapat berupa model bukaan, sistem pencahayaan alami, dan penggunaan lampu terhadap gedung yang diamati. Hasil analisis menunjukkan bahwa kondisi pencahayaan buatan pada bangunan yang diamati hampir memenuhi standar, namun untuk kondisi pencahayaan alami pada bangunan tersebut berdasarkan hasil simulasi didapat nilai iluminasi yang cukup besar sehingga perlu dilakukan beberapa cara untuk mengoptimalkan tingkat pencahayaan alami yang masuk ke dalam ruang, meliputi: penambahan atau penggantian bahan dan warna dinding serta lantai dengan warna yang sedikit gelap, melakukan pemadaman lampu di area yang terkena cahaya sinar matahari sehingga dapat mengurangi biaya operasional. Upaya effisiensi yang dilakukan adalah dengan melakukan simulasi pada perangkat lunak, dan dengan melalui studi kasus,  diperoleh gambaran nyata mengenai pengetahuan tentang analisa penghematan energi.Teknologi dengan menggunakan simulasi bagi guru yang mengajar bidang perencanaan gedung sangat dibutuhkan, untuk memberi masukan dalam menghasilkan bangunan ramah lingkungan, melalui effisiensi pencahayaan ruang.

Published
2017-08-30
How to Cite
ROCHADI, Doddy; PUTRI, Cynthia Riescanita; RAHMAYANTI, Henita. PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DENGAN TEKNOLOGI EFISIENSI PENCAHAYAAN RUANG DALAM BANGUNAN RAMAH LINGKUNGAN. JPTV-Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 24-32, aug. 2017. ISSN 2502-1605. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jptv/article/view/3569>. Date accessed: 25 sep. 2017.
Citation Formats
Section
Articles