PENDEKATAN WORK_BASED LEARNING (WBL) UNTUK MENDUKUNG TERCAPAINYA KOMPETENSI LULUSAN

  • Rina Febriana Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mendukung tercapainya kompetensi lulusan pada pendidikan kejuruan (vokasi) dengan pendekatan Work_based Learning (pembelajan berbasis kerja). Pembelajaran Berbasis Kerja telah menjadi ciri khas pendidikan kejuruan pada berbagai negara di berbagai Negara yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi lulusan. Salah satu karakteristik pendidikan kejuruan adalah mempersiapkan peserta didik untuk memasuki lapangan kerja, sehingga seharusnya pendidikan kejuruan didasarkan atas demand driven yakni kebutuhan akan dunia kerja. Implementasi dari Program WBL adalah WBL merupakan program bersama antara dunia pendidikan dan dunia kerja, mengintegrasikan antara studi akademik dengan pengembangan karir dan pendekatan melalui pelatihan di tempat kerja, dilakukan di tempat kerja, sebagai sarana bagi lulusan dalam memilih karir, tempat belajar untuk mengembangkan sikap dan perilaku bekerja. Semua hal ini tertuang dalam kurikulum yang disusun secara bersama antara lembaga pendidikan dengan dunia industri. Sebagai konsekuensinya Pelaksanaan program WBL tidak bisa dilaksanakan secara parsial tetapi harus didukung oleh peran-peran lembaga terkait yaitu lembaga/institusi sekolah, dudi, asosiasi profesi, kadin. Depnakertrans, pemda, dan ikatan alumni.

Published
2017-08-30
How to Cite
FEBRIANA, Rina. PENDEKATAN WORK_BASED LEARNING (WBL) UNTUK MENDUKUNG TERCAPAINYA KOMPETENSI LULUSAN. JPTV-Jurnal Pendidikan Teknik dan Vokasional, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 33-42, aug. 2017. ISSN 2502-1605. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jptv/article/view/3577>. Date accessed: 25 sep. 2017.
Citation Formats
Section
Articles