HUBUNGAN TAYANGAN IKLAN DI MEDIA TELEVISI DAN PENGETAHUAN GIZI DENGAN KONSUMSI PANGAN SUMBER SERAT (STUDI PADA PROGRAM KEAHLIAN TATA BOGA SMK NEGERI DI KECAMATAN PASAR MINGGU JAKARTA SELATAN)

  • Reza Nur Rahmadani
  • Alsuhendra Alsuhendra
  • Rina Febriana
Keywords: Konsumsi Pangan Sumber Serat, Tayangan Iklan di Media Televisi, Pengetahuan Gizi

Abstract

Abstrak: Hubungan Tayangan Iklan di Media Televisi dan Pengetahuan Gizi dengan Konsumsi Pangan Sumber Serat (Studi pada Program Keahlian Tata Boga SMK Negeri di Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan), tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan hubungan antara tayangan iklan di televisi, pengetahuan gizi, dan konsumsi pangan sumber serat. Penelitian dilakukan pada program keahlian tata boga SMK Negeri di kecamatan pasar minggu Jakarta selatan pada tahun 2016 melibatkan 142 siswa sebagai responden. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif asosiatif dengan model analisis korelasi multiple. Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi yang signifikan antara ketiga variabel. Pertama, semakin tinggi tayangan iklan di media televisi, semakin tinggi pula pengetahuan gizi siswa. Kedua, semakin tinggi tayangan iklan di media televisi, maka makin tinggi pula konsumsi pangan sumber serat pada siswa. Ketiga, semakin tinggi pengetahuan gizi, maka makin tinggi pula konsumsi pangan sumber serat pada siswa. Keempat, semakin tinggi tayangan iklan di media televisi secara bersama-sama dengan pengetahuan gizi, maka makin tinggi pula konsumsi pangan sumber serat pada siswa.

Published
2016-06-01