Hubungan Soft Skills dan Kecerdasan Intrapersonal dengan Hasil Belajar Teknik Elektronika Dasar Peserta Didik SMK Negeri di Kabupaten Bekasi

  • Anita Damayanti
  • Hartati Hartati
  • Yuliatri Sastrawijaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) terdapat tidaknya hubungan antara soft skills dengan hasil belajar teknik elektronika dasar (2) terdapat tidaknya hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar teknik elektronika dasar, (3) terdapat tidaknya hubungan soft skills dan kecerdasan intrapersonal secara bersama-sama dengan hasil belajar teknik elektronika dasar. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasional. Penelitian ini dilakukan di dua SMK Negeri di Kabupaten Bekasi dengan program keahlian teknik elektronika industri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, terdapat hubungan positif antara soft skills (X1) dan hasil belajar teknik elektronika dasar (Y). Koefisien korelasi antara soft skills dan hasil belajar teknik elektronika dasar (rx1y) = 0,972 adalah sangat signifikan karena thitung = 31,56 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 0,05 yaitu 1,671. Besarnya koefisien determinasi skor kedua variabel r2x1y = 94,47%. Kedua, terdapat hubungan positif antara kecerdasan intrapersonal (X2) dan hasil belajar teknik elektronika dasar (Y). Koefisien korelasi antara kecerdasan intrapersonal dan hasil belajar teknik elektronika dasar (rx2y) = 0,478 adalah sangat signifikan karena thitung = 4,15 lebih besar dari ttabel = 1,671 pada taraf signifikansi 0,05. Koefisien determinasi r2x2y = 22,85%. Ketiga, terdapat hubungan positif antara soft skills dan kecerdasan intrapersonal secara bersama-sama dengan hasil belajar teknik elektronika dasar. Koefisien korelasi ganda (Rx1x2y) bernilai 0,982 dan koefisien determinasi sebesar 96,43%.

Published
2016-06-01