Guideline & Submission

PEDOMAN PENGUMPULAN

Daftar Ceklis Pedoman Pengumpulan
Sebagai bagian dari proses pengajuan, penulis diminta untuk memeriksa pengiriman pengajuan terhadap semua item berikut, dan pengajuan dapat dikembalikan ke penulis yang tidak mematuhi pedoman ini.
1. Penyampaiannya belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain dipertimbangkan (atau penjelasan telah diberikan di Komentar kepada Editor).
2. File pengajuan ada dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
3. Bila tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.
4. Teks di buat 1 spasi (untuk Abstrak) dan 1.5 spasi (untuk artikel); Menggunakan font 12; Menggunakan huruf miring, bukan menggarisbawahi (kecuali dengan alamat URL); Dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang sesuai, bukan di akhir.
5. Teks mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Pedoman Pengarang.
6. Jika mengirimkan ke bagian jurnal yang ditinjau rekan kerja, pastikan petunjuk blind review telah diikuti

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).

2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.

3. Where available, URLs for the references have been provided.

4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.

5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed

PEDOMAN PENULISAN

KETENTUAN PENULISAN JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI
Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

1. Naskah tulisan harus mempunyai relevansi dengan bidang PAUD.
2. Naskah dimuat dalam jurnal PAUD, belum pernah dimuat dalam jurnal atau media massa manapun.
3. Naskah diketik 1.5 spasi pada kertas A4, dengan huruf Times New Roman ukuran 12pt, berkisar ±20 halaman, termasuk tabel, grafik, diagram, gambar, dan daftar pustaka. Margin atas/bawah/kiri/kananberurutan: 4/3/4/3. Cetakan naskah file berformat dokumen (via cd/print out/email) dikirim ke alamat redaksi.
4. Naskah ditulis dalam bentuk bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris menggunakan kalimat sederhana dan mudah dipahami.
5. Kriteria penulisan sebagai berikut:
a. Judul: ditulis dengan singkat padat, dan harus mencerminkan substansi kependidikan yang diuraikan pada batang tubuh artikel, dibuat dengan huruf kapital Times New Roman, ukuran 14pt, bold, center.
b. Nama penulis: ditulis di bawah judul, tanpa gelar, dengan huruf kapital Times New Roman, ukuran 12pt, bold. Penulis dapat individu atau tim dan semua penulis dicantumkan.
c. Instansi dan alamat penulis: instansi asal penulis, alamat instansi, no telepon/fax instansi, alamat e-mail penulis yang letaknya di bawah nama penulis.
d. Abstrak: ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, yang terdiri dari 100 sampai dengan 150 kata, Times New Roman ukuran 10pt, italic, spasi 1, dan ditulis dalam satu paragraf yang berisi tujuan, metode, dan hasil penelitian.
e. Key Words/Kata kunci: diisi kata atau istilah yang mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan, dapat terdiri atasbeberapa buah kata/istilah. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dengan jarak satu baris, menggunakan bahasa Inggris, Times New Roman ukuran 10pt, italic,  bold, spasi 1.
f. Isi naskah
1) Pendahuluan
Pendahuluan harus mencerminkan wawasan penulis tentang permasalahan yang diteliti dan yang ditulis. Sehingga secara implisit maupun eksplisit menyampaikan pemecahan masalah yang akan dilakukan atau diajukan oleh peneliti. pendahuluan mencakup latar belakang, kajian pustaka, hasil penelitian sebelumnya dan tujuan penelitian.
2) Metode Penelitian
Metode penelitian menjelaskan pelaksanaan penelitian dan diharapkan dapat membuat pembaca mengevaluasi ketepatan metode, reliabilitas, dan validitas hasil penelitian serta memungkinkan peneliti lain mereplikasi penelitian.
3) Hasil dan Pembahasan
Hasil penelitian diarahkan untuk menjawab tujuan penelitian. Pada bagian pembahasan, penulis menjelaskan hasil penelitian dengan memperhatikan interpretasi, generalisasi dan kesimpulan
4) Kesimpulan
Kesimpulan difokuskan atau disesuaikan dengan tujuan penelitiannya. Secara implisit kesimpulan disampaikan sesuai dengan rumusan tujuan penelitian. Saran yang disampaikan harus didasarkan atas analisis yang dibuat pada bagian pembahasan.
g. Sumber referensi: menggunakan Body Note/Catatan Tubuh.
h. Daftar pustaka: Semua referensi harus merupakan sumber yang relevan, up-to-date dan relevansi dengan sumber penelitian.
6. Ilustrasi dapat berupa tabel, gambar dan grafik, dengan ketentuan huruf Times New Roman ukuran 10pt, bold, spasi 1.yang disajikan dengan ketentuan:
a. Tabel diberi nomor sesuai urutan presentasi (Tabel 1, dst). Keterangan tabel diletakkan di atas tabel.
b. Gambar dan Grafik diberi nomor sesuai urutan presentasi (Gambar 1, dst.). Keterangan gambar dan Grafik diletakkan di bawah gambar dan Grafik.
7. Naskah jurnal untuk edisi yang segera akan terbit, paling lambat diterima oleh Redaksi Jurnal Pendidikan Usia Dini satu bulan sebelum jadwal penerbitan.
8. Kelengkapan dan kebenaran naskah akan diperiksa oleh redaksi sesuai dengan ruang lingkup naskah. Pada tahap ini, terdapat kemungkinan munculnya permintaan pada penulis untuk melakukan penyesuaian kembali (misalnya kesalahan umum dalam pengetikan dan format).
9. Menyertakan biodata penulis dan foto kegiatan.
10. Email redaksi: jpud@unj.ac.id

Biaya Artikel
Jurnal ini dikenakan biaya  bagi penulis sebagai berikut.
Penyampaian Artikel : 0.00 (IDR)
Review Turnitin          : 250.000.00 (IDR)
Publikasi Artikel         : 2.500. 000.00 (IDR) (setelah artikel dinyatakan diterima)