PENGEMBANGAN MODEL ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK TAMAN KANAK- KANAK DI DKI JAKARTA

  • SOFIA HARTATI

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan untuk mengembangkan model asesmen perkembangan anak Taman Kanak-Kanak (TK). Penelitian ini dilaksanakan di Daerah Khusus Ibu kota (DKI) Jakarta, melibatkan tiga TK. Metode penelitian yang dilakukan padaTahap 1 (tahun ke-1) pertama adalah model pengembangan (research and development) dengan melakukan uji coba pada kelompok kecil mengenai penggunaan model asesmen perkembangan anak Taman Kanak-Kanak. PadaTahap 2 (tahun ke-2) juga menggunakan model yang sama tetapi dengan melakukan uji coba pada kelompok yang lebih besar di lima TK di DKI Jakarta. Instrumen yang dikembangkan adalah lembar observasi berupa format: anecdotal record, time sampling, checklist, dan penggunaan alat teknologi untuk merekam data. Data tersebut akan dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi untuk kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji coba pertama menunjukkan bahwa guru TK  dapat menggunakan model asesmen perkembangan anak secara tepat dan komprehensif. Guru juga mampu melaporkan asesmen perkembangan anak kepada orangtua berdasarkan hasil  tersebut.

Keywords : Asesmen, perkembangan anak, taman kanak-kanak

Published
2017-04-21
How to Cite
HARTATI, S. (2017). PENGEMBANGAN MODEL ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK TAMAN KANAK- KANAK DI DKI JAKARTA. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 19 - 30. https://doi.org/10.21009/JPUD.111.02

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>