MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI ENTREPRENEURSHIP ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • KRISTIANA MARYANI PGPAUD UHAMKA Jakarta

Abstract

The aim of this study was to determine whether interpersonal intelligence of children
age 5-6 years can be improved through entrepreneurship.The hypothesis tested was found that
interpersonal intelligence children group B age 5-6 years is expected to increase after the
entrepreneurship activity.The study was done in May and June at second semester of the school
year 2011/2012 at RA Syaujan Pekayon Pasar Rebo, East Jakarta, by action research method
(action research). This action research procedure using a model of Kemmis and Mc Taggart
spiral cycle consists offour phases: a) planning, b) action, c) observation, d) reflection. The data
collection process is done through observation, field notes, interview. The data analysis was
performed using analysis ofquantitative analysis and qualitative analysis. The results showed that
the analysis of activity in the cycle one was increasing significantly in the interpersonal
intelligence children with a value of 974,23 with 26,24 average compared to the first assessment is
539,33 with 14,92 average. The data made researcher have done one cycle because it has been on
target to be achieved.

Key Word: interpersonal itelligence, entrepreneurship, and children age 5-6 years.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah kecerdasan interpersonal
anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkan melalui entrepreneurship. Hipotesis diuji ditemukan bahwa
kelompok usia anak-anak kecerdasan interpersonal B 5-6 tahun meningkat setelah diberikan
aktivitas. Penelitian enterpreunership dilakukan pada bulan Mei dan Juni di semester kedua tahun
2011/2012 sekolah di RA Syaujan Pekayon Pasar Rebo, Jakarta Timur, dengan metode penelitian
tindakan (action research) . Prosedur penelitian tindakan ini menggunakan model Kemmis dan Mc
Taggart siklus spiral terdiri dari empat fase : a) perencanaan, b ) tindakan, c ) observasi, d )
refleksi. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan , wawancara.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis aktivitas dalam satu siklus meningkat secara
signifikan pada anak-anak kecerdasan interpersonal dengan nilai 974,23 dengan 26,24 rata-rata
dibandingkan dengan penilaian pertama adalah 539,33 dengan 14,92 rata-rata. Data yang dibuat
peneliti telah melakukan satu siklus karena sudah pada target yang ingin dicapai.

Kata Kunci: Kecerdasan Interpersonal, Kewirausahaan, dan anak usai 5-6 tahun

Published
2013-11-11
How to Cite
MARYANI, K. (2013). MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI ENTREPRENEURSHIP ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 387 - 400. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3883