PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI DENGAN KINERJA GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

  • WINDA WIRASTI AGUSWARA Universitas Negeri Jakarta
  • REZA RACHMADTULLAH Universitas PGRI Adi Buana

Abstract

Abstract: This study aims to determine the influence of principal leadership style and
organizational climate on the performance of early childhood education teachers in Mempawah
District, West Kalimantan Province. The method to be used in this research is survey method
using path analysis technique. The population in this study is the teacher of Early Childhood
Education in Mempawah District, West Kalimantan Province, as many as 60 respondents. The
sampling technique used is a simple random sampling technique. The results of this study
indicate a significant influence between the leadership style of leadership and organizational
climate on the performance of teachers of Early Childhood Education in Kabupaten Mempawah
West Kalimantan Province

Keywords: Principal Leadership Style, Organizational Climate. Teacher Performance

Abstrak: Tujuan penelitian mencari tau tentang pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah
dan iklim organisasi dengan kinerja guru pendidikan anak usia dini di Kabupaten Mempawah
Provinsi Kalimantan Barat. Metode yang akan digunakan pada penelitian ini adalah metode
survey dengan menggunakan teknik analisis Jalur (path analysis). Sampel penelitian ini adalah
guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan barat,
sebanyak 60 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan teknik simple random
sampling. hasil dari penelitian ini menunjukan adanya signifikan antara pengaruh gaya
kepemimpinan kepala sekolah dan iklim organisasi dengan kinerja guru Pendidikan Anak Usia
Dini di Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat

Kata kunci: Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi. Kinerja Guru

Published
2017-11-30