IMPLEMENTASI INOVASI PADA MODEL-MODEL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TAMAN PENGASUHAN ANAK (TPA) SERAMA KEMENTERIAN KESEHATAN RI

  • ABDUL AZIZ Pusat Analisis Determinan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI

Abstract

Abstract: The purpose of this paper is to describe the implementation of early
childhood education model and its innovation in Daycare SERAMA Ministry of
Health RI. This research applied descriptive qualitative design. The subject of this
research was 10 students and their teacher. From this research, it showed that
model full day program is in accordance with daycare SERAMA of the Ministry of
Health and implementation of BCCT learning process can take place optimally The
Expectation is that it can be used as a reference in making daycare in government
institutions in providing the right and best education according to their interests,
talents and abilities. Thus, the more variety and innovation of early childhood
education will be able to support the development of children optimally, so it is
creating a more moral and qualified Indonesian children.

Keywords: innovation, early childhood education model, and daycare

Abstrak: Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mendapatkan gambaran implementasi
model pendidikan anak usia dini beserta inovasinya di TPA SERAMA Kementerian
Kesehatan RI. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Subjek penelitian
ini adalah 10 orang siswa dan dua guru mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
model program fullday sangat sesuai dengan TPA SERAMA Kementerian Kesehatan RI
dan pelaksanaan proses pembelajaran BCCT pun dapat berlangsung secara optimal
Harapannya adalah agar dapat dijadikan sebagai rujukan dalam membuat TPA di
institusi pemerintah dalam memberikan pendidikan yang tepat dan terbaik sesuai dengan
minat, bakat, dan kemampuan masing-masing. Dengan demikian, semakin banyak ragam
dan inovasi pendidikan anak usia dini akan mendukung perkembangan anak secara
optimal, sehingga mampu mewujudkan anak Indonesia yang lebih bermoral dan
berkualitas.

Kata Kunci: inovasi, model pendidikan anak usia dini, dan TPA

Published
2017-11-30