PENGEMBANGAN MODEL PEMBENTUKAN KARAKTER UNTUK KEMANDIRIAN, DISIPLIN DAN KEJUJURAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

  • R. SRI MARTINI MEILANIE Universitas Negeri Jakarta

Abstract

ABSTRACT:This study aims to develop a model of learning for children aged 4-5 years in
establishing the character of independence, discipline and honesty in children. This research uses
research and development method, the outline has stages: 1) preliminary study, to identify the
implementation of character formation learning in kindergarten; 2) Development of character
formation learning model to form self-reliance, discipline and honesty. This stage is conducted
through draft I (TK Al Husna, Bekasi) and draft II (Marsudirini TK,Jakarta). Model development
test (final draft) is conducted in TK Wijaya,Tangerang and TKAisyiyah, Bogor. The results
showed: 1) Children are not dependent on the parents and teachers in following the learning in
school; 2) More courageous; 3) More open; 4) Already understand the rules / school rules.
Condition of teachers: 1) better able to realize the learning objectives; 2) able to develop
character formation learning materials; 3) able to develop activity of character formation
learning activity and 4) able to conduct evaluation of learning result properly and correctly.

Keywords: Learning model, Character Building, 4-5 Years Old Child

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran untuk anak usia
4-5 tahun dalam membentuk karakter kemandirian, disiplin dan kejujuran pada anak. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development), secara garis
besar memiliki tahapan: 1) studi pendahuluan, untuk mengidentifikasi implementasi pembelajaran
pembentukan karakter di TK; 2) Pengembangan model pembelajaran pembentukan karakter untuk
membentuk kemandirian, disiplin dan kejujuran. Tahapan ini dilakukan melalui uji coba draf I
(TK. Al Husna, Bekasi) dan uji coba draf II (TK Marsudirini, Jakarta). Uji pengembangan model
(draf final) dilakukan di TK Wijaya, Tangerang dan TK. Aisyiyah, Bogor.Hasil penelitian
menunjukkan: 1) Anak sudah tidak tergantung padaorang tuadan guru dalam mengikuti
pembelajaran di sekolah; 2) Lebih berani; 3) Lebih terbuka; 4) Sudah paham terhadap aturan/tata
tertib sekolah. Kondisi guru: 1) lebih mampu merealisasikan tujuan pembelajaran; 2) mampu
mengembangkan materi pembelajaran pembentukan karakter; 3) mampu mengembangkan
aktivitas kegiatan pembelajaran pembentukan karakter dan 4) mampu mengadakan evaluasi hasil
pembelajaran secara baik dan benar.

Kata kunci: Model pembelajaran, Pembentukan Karakter, Anak Usia 4-5 Tahun

Published
2017-11-30