PENGEMBANGAN MODEL PEMBENTUKAN KARAKTER UNTUK KEMANDIRIAN, DISIPLIN DAN KEJUJURAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

  • R. SRI MARTINI MEILANIE Universitas Negeri Jakarta

Abstract

ABSTRACT: This study aims to develop a model of learning for children aged 4-5 years in establishing the character of independence, discipline, and honesty in children. This research uses research and development method, the outline has stages: 1) preliminary study, to identify the implementation of character formation learning in kindergarten; 2) Development of character formation learning model to form self-reliance, discipline, and honesty. This stage is conducted through the draft I (TK Al Husna, Bekasi) and draft II (Marsudirini TK, Jakarta). Model development test (final draft) is conducted in TK Wijaya, Tangerang and TK Aisyiyah, Bogor. The results showed: 1) Children are not dependent on the parents and teachers in following the learning in school; 2) More courageous; 3) More open; 4) Already understand the rules/school rules.
The condition of teachers: 1) better able to realize the learning objectives; 2) able to develop character formation learning materials; 3) able to develop activity of character formation learning activity and 4) able to conduct evaluation of learning result properly and correctly.

Keywords: Learning model, Character Building, 4-5 Years Old Child

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran untuk anak usia 4-5 tahun dalam membentuk karakter kemandirian, disiplin dan kejujuran pada anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development), secara garis besar memiliki tahapan: 1) studi pendahuluan, untuk mengidentifikasi implementasi pembelajaran pembentukan karakter di TK; 2) Pengembangan model pembelajaran pembentukan karakter untuk membentuk kemandirian, disiplin dan kejujuran. Tahapan ini dilakukan melalui uji coba draf I (TK. Al Husna, Bekasi) dan uji coba draf II (TK Marsudirini, Jakarta). Uji pengembangan model (draf final) dilakukan di TK Wijaya, Tangerang dan TK. Aisyiyah, Bogor.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Anak sudah tidak tergantung padaorang tuadan guru dalam mengikuti
pembelajaran di sekolah; 2) Lebih berani; 3) Lebih terbuka; 4) Sudah paham terhadap aturan/tata tertib sekolah. Kondisi guru: 1) lebih mampu merealisasikan tujuan pembelajaran; 2) mampu mengembangkan materi pembelajaran pembentukan karakter; 3) mampu mengembangkan aktivitas kegiatan pembelajaran pembentukan karakter dan 4) mampu mengadakan evaluasi hasil pembelajaran secara baik dan benar.

Kata kunci: Model pembelajaran, Pembentukan Karakter, Anak Usia 4-5 Tahun

Published
2017-11-30