PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS PROYEK DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN KELAUTAN PADA ANAK DI KEPULAUAN SERIBU

  • Hapidin Hapidin Universitas Negeri Jakarta
  • Nurjannah Nurjannah Universitas Negeri Jakarta
  • Sofia Hartati Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Education is one way to prepare the next generation of quality nations. The magnitude of the marine territory of Indonesia must be balanced with the next generation who have the high marine life. This is in contrast to the fact that the people of Untung Jawa island have not shown their concern and care to provide targeted marine education as a form of social responsibility in preparing the maritime generation in its territory, the school education institution (especially SD Negeri Untungjawa) has not been structured and programmed to provide marine education as part of the implementation of the Curriculum 2013, especially on curriculum diversification in accordance with geographical conditions, advantages and disadvantages of the institution. This research is an R & D research that aims to develop an integrative thematic model of project-based learning in implementing maritime education on elementary school students in the Thousand Islands, DKI Jakarta. This project-based integrative thematic conceptual learning model is expected to be an alternative and contribute to implement marine education from early years.

 

Key Word: Integrative thematic learning, project learning, marine education

 

Pendidikan menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Besarnya wilayah kelautan Indonesia harus diimbangi dengan generasi penerus yang memiliki jiwa kelautan yang tinggi. Hal ini bertolak belakang dengan fakta yaitu warga masyarakat pulau Untung Jawa belum ada yang menunjukkan perhatian dan kepeduliannya untuk memberikan pendidikan kelautan yang terarah sebagai bentuk tanggung jawab sosial dalam mempersiapkan generasi maritim di wilayahnya, lembaga pendidikan sekolah (khususnya SD Negeri Untungjawa) belum secara terstruktur dan terprogram memberikan pendidikan kelautan sebagai bagian dari pelaksanaan Kurikulum 2013, terutama pada diversifikasi kurikulum sesuai kondisi geografis, keunggulan dan kelemahan yang dimiliki lembaga. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran tematik integratif berbasis proyek dalam mengimplementasikan pendidikan kelautan pada siswa SD kelas awal di kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Model konseptual pembelajaran tematik integratif  berbasis proyek ini diharapkan  dapat dijadikan alternatif dan memberikan kontribusi untuk mengimplementasikan pendidikan kelautan sejak usia dini.

 

Kata Kunci: Pembelajaran tematik integratif,  proyek, pendidikan kelautan.      

Published
2018-04-30