PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA

Eksperimen di Kelas 2 Sekolah Dasar di DKI Jakarta 2016

  • Otib Satibi Hidayat Universitas Negeri Jakarta

Abstract

This study aims to determine empirical data about differences in early childhood speaking skills that get active learning approach by considering the type of personality of learners in grade 2 elementary school in Jakarta Capital City 2016.

This research uses experimental method, 2x2 factorial design. Determination of sample using multistage stratified random sampling technique. The result of this research concludes that there is the influence of learning model to students 'speaking ability, there is the influence of personality type to students' speaking ability, and there is an interaction between learning model with personality type. Based on the result of the third hypothesis test proved there is an interaction between learning model and personality type to students' speaking ability, then analysis continued with Tukey test, which concluded that students with extrovert personality type better speaking ability when studying with project-based learning model. Students with introverted personality types are better able to speak at the time of learning with the discovery learning model. Researchers expect further research, on the importance of improving early childhood speaking skills through the penetration of learning models, taking into account personality types, in larger areas throughout Indonesia.

 

Keyword: speaking ability, project-based learning, inquiry-based learning, extrovert, introvert

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data empiris mengenai perbedaan kemampuan berbicara anak usia dini yang mendapatkan pendekatan active learning dengan memperhatikan tipe kepribadian peserta didik  di  kelas 2 sekolah dasar di DKI Jakarta 2016.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, desain faktorial 2x2. Penentuan sampel menggunakan teknik multistage stratified random sampling. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berbicara siswa, terdapat pengaruh tipe kepribadian terhadap kemampuan berbicara siswa, dan terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan tipe kepribadian. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ketiga terbukti terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap kemampuan berbicara siswa, kemudian analisis dilanjutkan dengan uji Tukey, yang menyimpulkan bahwa siswa yang bertipe kepribadian extrovert lebih baik kemampuan berbicaranya pada saat belajar dengan model pembelajaran berbasis proyek. Siswa yang bertipe kepribadian introvert lebih baik kemampuan berbicaranya pada saat belajar dengan model pembelajaran penemuan.

Peniliti mengharapkan agar dapat dilakukan penelitian lebih lanjut, tentang pentingnya meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini menggunakan berbagai penetrasi model  pembelajaran, dengan memperhatikan tipe-tipe kepribadian, di wilayah yang lebih luas di seluruh Indonesia.

 

Kata Kunci :  Kemampuan berbicara, Pembelajaran berbasis proyek, Pembelajaran penemuan, Extrovert, dan Introvert.

                       

Published
2018-04-30