PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI AKTIVITAS FISIK ANAK USIA 4-5 TAHUN

  • Nofi Marlina Siregar Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Action research aims to improve interpersonal intelligence of children aged 4-5 years in Paud Ananda, South Jakarta. This research method uses the Action Research Method. The subjects in this study were children aged 4-5 years, totaling 15 children. This research was conducted for one month, this study consisted of two cycles and each cycle consisted of four meetings. In the first cycle there was an increase in good movement in children, but there were still children who had not yet completed the improvement in interpersonal intelligence with 9 children included in the criteria of less, 3 children included in the criteria of good, and 3 children included in the criteria enough. In the second cycle based on the results of the teacher and collaborator's assessment a maximum increase occurred or all children experienced an increase in interpersonal intelligence, the results of cycle 2 were declared successful. From this study it can be concluded that through physical activity in the form of a game model can improve interpersonal intelligence of children aged 4-5 years in Paud Ananda, South Jakarta.

 

Keywords:    Interpersonal Intelligence, Physical Activity of Children Aged 4-5 Years

 

Penelitian Tindakan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 4-5 tahun di Paud Ananda Jakarta Selatan. Metode penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak Paud berusia 4-5 tahun yang berjumlah 15 orang anak. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan, penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Pada siklus pertama terjadi peningkatan gerak yang baik pada anak-anak, namun masih ada anak yang belum tuntas dalam peningkatan kecerdasan interpersonalnya dengan jumlah 9 anak termasuk pada kriteria kurang, 3 anak termasuk pada kriteria baik, dan 3 anak termasuk pada kriteria cukup. Pada siklus kedua berdasarkan hasil penilaian guru dan kolaborator terjadi peningkatan yang maksimal atau semua anak mengalami peningkatan kecerdasan interpersonal, maka hasil dari siklus 2 dinyatakan berhasil. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui aktifitas fisik berupa model permainan dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 4-5 tahun di Paud Ananda Jakarta Selatan

 

Kata Kunci:    Kecerdasan Interpersonal, Aktifitas Fisik Anak Usia 4-5 Tahun

Published
2018-11-30
How to Cite
Siregar, N. M. (2018). PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL MELALUI AKTIVITAS FISIK ANAK USIA 4-5 TAHUN. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 291 - 300. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.10