ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETITIFITAS PRODUK PERBANKAN

  • Kunto Ajibroto Politeknik Pajajaran ICB Bandung
  • Hendriady de Keizer Politeknik Pajajaran ICB Bandung
  • Dematria Pringgabayu Politeknik Pajajaran ICB Bandung
Keywords: Analisis SWOT, Strategi Kompetitif, Industri Perbankan

Abstract

Analisis lingkungan strategis merupakan bagian dari komponen perencanaan strategis dan merupakan proses untuk selalu menempatkan perusahaan dalam posisi strategis, sehingga dalam perkembangannya akan selalu berada pada posisi yang menguntungkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor eksternal dan faktor internal, sehingga dapat diketahui formulasi strategi yang paling tepat untuk BPR Bhakti Daya Ekonomi dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi, sedangkan untuk analisis data menggunakan metode SWOT yang juga menggunakan analisis EFAS dan IFAS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi BPR Bhakti Daya Ekonomi untuk produk Kredit Karyawan berada di kuadran IV. Dalam kuadran ini bank berada dalam posisi di mana keunggulan internalnya relatif lebih dominan daripada kelemahannya. Namun, dalam menghadapi lingkungan ancaman relatif lebih besar daripada peluang. Para penulis merekomendasikan bahwa BPR Bhakti Daya Ekonomi harus menerapkan strategi diversifikasi yang terkonsentrasi sementara berfokus pada kredit karyawan tidak hanya melayani pegawai negeri sipil dan TNI / POLRI, tetapi menambahkan produk baru yang merupakan pinjaman karyawan swasta yang secara khusus menargetkan pasar karyawan swasta dengan pendapatan tetap.

Published
2018-04-29
How to Cite
Ajibroto, K., de Keizer, H., & Pringgabayu, D. (2018, April 29). ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS UNTUK MENINGKATKAN KOMPETITIFITAS PRODUK PERBANKAN. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(1), 56 - 71. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi/article/view/6769