UPAYA MENINGKATKANKEMAPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENDEKATAN SAVI PADA MATERI REDOKS DI KELAS X SMA NEGERI 52 JAKARTA

  • Joko Lastyono FakultasMatematika Ilmu Pengetahuan Alam, UniversitasNegeri Jakarta, Jl. Pemuda No. 10 Rawamangun Jakarta 13220, Indonesia
  • Riskiono Slamet
  • Marheni Marheni Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda No. 10Rawamangun Jakarta 13220, Indonesia

Abstract

Developing critical thinking skill is one of main goals in science education. The research was motivated by low students-critical thinking skill in class X-1 SMAN 52 Jakarta. This research was conducted byclassroom action research method consist of two cycles through implementation of SAVI (Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual) approach on reduction oxidation (redox) material. Critical thinking indicators was measured are: focus on the topic of question, analyzing arguments, ask and answer clarifying statements, assessing the credibility of sources, evaluate the results of observation reports, deduce and consider deduction, induce and consider induction, and making decisions. Indicator of success in this research are the achievement of average percentage critical thinking test scores for each indicator measured are ≥60% and the average score obtained ≥60. Based on the test results of students critical thinking skill, in the first cycle gained average score of students critical thinking test increased from 48,13 to 59,06. In the second cycle the percentage of test results for each critical thinking indicator was achieved ≥60% and gained average scores of all the students critical thinking are 69,27. Therefore, it can be concluded that using of SAVI approach was able to increase students critical thinking skill in class X-1 SMAN 52 Jakarta academic year 2011-2012 on redox material.

 

Keywords:

Critical Thinking, SAVI Approach, Reduction Oxidation, Classroom Action Research.

Abstrak

 Salah satu yang menjadi tujuan utama dalam bidang pendidikan adalah mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan berpikir kritis siswa kelas X-1 SMAN 52 Jakarta yang rendah. Penelitian ini dilakukan dengan metodepenelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus melalui penerapan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual)pada materi redoks. Indikator berpikir kritis yang diukur yaitu: fokus pada topik pertanyaan, menganalisis argumen, bertanya dan menjawab pernyataan klarifikasi, menilai kredibilitas sumber, menilai hasil laporan observasi, mendeduksi dan mempertimbangkan hasil deduksi, menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi, serta membuat keputusan. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah tercapainya persentase rata-rata skor tes berpikir kritis untuk setiap indikator yang diukur sebesar ≥60% dan skor rata-rata yang diperoleh ≥60. Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa, pada siklus I didapatkan skor rata-rata tes berpikir kritis siswa meningkat dari 48,13 menjadi 59,06. Pada siklus II didapatkan persentase hasil tes bepikir kritis untuk setiap indikator berpikir kritis telah mencapai ≥60% dan didapatkan nilai rata-rata berpikir kritis seluruh siswa yaitu 69,27. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan SAVI mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X-1 SMAN 52 Jakarta tahun ajaran 2011-2012 pada materi redoks.

 

Kata kunci:

Berpikir Kritis, Pendekatan SAVI, Reduksi Oksidasi, Penelitian Tindakan Kelas.

Author Biographies

Joko Lastyono, FakultasMatematika Ilmu Pengetahuan Alam, UniversitasNegeri Jakarta, Jl. Pemuda No. 10 Rawamangun Jakarta 13220, Indonesia

Volume 2 Nomor 1

Riskiono Slamet

Volume 2 Nomor 1

Marheni Marheni, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda No. 10Rawamangun Jakarta 13220, Indonesia

Volume 2 Nomor 1

Published
2012-12-27
How to Cite
Lastyono, J., Slamet, R., & Marheni, M. (2012). UPAYA MENINGKATKANKEMAPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENDEKATAN SAVI PADA MATERI REDOKS DI KELAS X SMA NEGERI 52 JAKARTA. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 2(1), 91 - 98. https://doi.org/10.21009/JRPK.021.01

Most read articles by the same author(s)