ANALISIS KEBUTUHAN DALAM PEMBELAJARAN IPA KIMIA UNTUK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA SMP DI DKI JAKARTA

  • Sondang N Sihombing Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun 13220, Jakarta
  • Marheni Marheni Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun 13220, Jakarta

Abstract

Tujuan penelitian ini adlah untuk mengetahui kebutuhan guru dalam pembelajaran IPA khususnya kimia steleah diberlakukannya kurikulum tingkat satuan pendidikan atau kurikulum 2006 yang kemudian akan dijadikan sebagai acuan untuk pengembangan bahan ajar kimia di SMP. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket melalui teknik purposive sampling. Dari hasil analisis data dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut 1) kebutuhan pembelajaran IPA-kimia di SMP cukup bervariasi tetapi pada umumnya perlu bahan ajar yang kontekstual 2)isu-isu penting yang sedang marak seperti zat warna makanan, pengawet, pemanis yang ada dalam jajanan siswa perlu dijadikan bahan kajian diskusi di kelas, 3) kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran antara lain terbatasnya waktu, latar belakang pendidikan guru yang tidak menunjang dan terbatasnya bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa serta kurangnya sarana prasarana untuk menunjang praktikum

Kata kunci : analisis kebutuhan, bahan ajar, Kimia

Author Biographies

Sondang N Sihombing, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun 13220, Jakarta

Volume 2 Nomor 1 

Marheni Marheni, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun 13220, Jakarta

Volume 2 Nomor 1

Published
2012-12-27
How to Cite
Sihombing, S. N., & Marheni, M. (2012). ANALISIS KEBUTUHAN DALAM PEMBELAJARAN IPA KIMIA UNTUK PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA SMP DI DKI JAKARTA. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 2(1), 119 - 126. https://doi.org/10.21009/JRPK.021.04