ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM MENGGUNAKAN TEKNIK CRI (CERTAINTY OF RESPONSE INDEX) TERMODIFIKASI

  • Dhika Amelia Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Jalan Rawamangun Muka, 13220 Jakarta, Indonesia
  • Marheni Marheni Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Jalan Rawamangun Muka, 13220 Jakarta, Indonesia
  • Nurbaity Nurbaity Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Jalan Rawamangun Muka, 13220 Jakarta, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persentase miskonsepsi siswa dan letak miskonsepsi pada materi kimia khususnya pada pokok materi Hidrolisis Garam. Metode yang digunakan adalah deskriptif, pengumpulan data dengan memberikan tes berbentuk 15 butir soal benar-salah dengan alasan terbuka dan indeks CRI yang kemudian hasil jawaban siswa tiap butir soal dianalisis. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa 46% siswa mengalami miskonsepsi pada materi hidrolisis garam. Miskonsepsi tersebut tersebar di semua konsep. Secara berurutan, miskonsepsi siswa dari yang terbesar ke terkecil adalah pada konsep hidrolisis garam, konsep titrasi asam basa dan hubungannya dengan hidrolisis garam, konsep pH larutan garam yang terhidrolisis, dan pada konsep sifat garam yang terhidrolisis.

Kata kunci: Miskonsepsi, CRI, CRI Termodifikasi, Hidrolisis Garam

Published
2014-12-29
How to Cite
Amelia, D., Marheni, M., & Nurbaity, N. (2014). ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM MENGGUNAKAN TEKNIK CRI (CERTAINTY OF RESPONSE INDEX) TERMODIFIKASI. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 4(1), 260 - 266. https://doi.org/10.21009/JRPK.041.05