ANALISIS KESESUAIAN GAYA BELAJAR MENURUT MBTI (MYERS-BRIGGS TYPE INDICATOR) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KIMIA LOWER ORDER THINKING (LOT) DAN HIGHER ORDER THINKING (HOT)

  • Dwi Kurniawati Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Jalan Rawamangun Muka, 13220 Jakarta, Indonesia
  • Achmad Ridwan Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Jalan Rawamangun Muka, 13220 Jakarta, Indonesia
  • Sondang N. Sihombing Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Jalan Rawamangun Muka, 13220 Jakarta, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya belajar yang terdapat pada siswa terhadap penguasaan konsep kimia. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 di SMA Negeri 2 Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk menemukan kesesuaian antara gaya belajar siswa dengan penguasaan konsep kimia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis kuantitatif non-parametrik. Data yang dihasilkan dari tahap uji kelayakan instrumen dan tahap pengambilan data penelitian terhadap siswa sehingga diperoleh gaya belajar yang dimiliki subjek penelitian. Kemudian siswa dengan gaya belajar yang konsisten diuji penguasaan konsep kimianya melalui instrumen konsep kimia berdasarkan CCI (Chemical Concept Inventory). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 13 gaya belajar berdasarkan pemetaan gaya belajar MBTI. Hasil pengujian terhadap skor tes konsep kimia menunjukkan bahwa terdapat kesesuaian antara gaya belajar terhadap penguasaan konsep kimia LOT dan HOT. Setiap gaya belajar tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap penguasaan konsep kimia.

Kata kunci: Gaya Belajar, MBTI, LOT and HOT konsep kimia

Published
2014-12-29
How to Cite
Kurniawati, D., Ridwan, A., & Sihombing, S. N. (2014). ANALISIS KESESUAIAN GAYA BELAJAR MENURUT MBTI (MYERS-BRIGGS TYPE INDICATOR) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KIMIA LOWER ORDER THINKING (LOT) DAN HIGHER ORDER THINKING (HOT). Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 4(1), 267 - 270. https://doi.org/10.21009/JRPK.041.06