• Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), Volume 12 Nomor 1 (2022)
    Vol 12 No 1 (2022)

    JRPK Voume 12 No 1 berisi 8 artikel: 1) Korelasi Metakognitif dengan Retensi Belajar Siswa SMA Negeri di Kabupaten Rote Ndao Nusa Tenggara Timur; 2) Pengaruh Penerapan Pendekatan Socio Scientific Issues Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Minyak Bumi; 3) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada Pokok Bahasan Stoikiometri di Kelas X SMA/MA; 4) Hubungan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia; 5) Pengaruh Media Virtual Labs Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Jeneponto (Studi pada Materi Pokok Titrasi Asam Basa); 6) Inquiry Learning Model in Chemistry Learning : A Review; 7) Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Praktikum Kimia Berbasis Skala Mikro Materi Stoikiometri; 8) Analisis Materi Struktur Atom Pada Buku Kimia Kelas X Berdasarkan Kriteria Tahap Seleksi 4S TMD.

    17-barcode-vol12-no1.gif

  • Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), Volume 11 Nomor 2 (2021)
    Vol 11 No 2 (2021)

    JRPK Volume 11 No 2 berisi 10 artikel: 1) Pengembangan E-Modul Berbasis Multipel Representasi pada Pembelajaran Flipped Classroom Materi Laju Reaksi; 2) Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Berorientasi Everyday Life Phenomena pada Materi Termokimia ; 3) Pengaruh Penggunaan e-Modul Materi Senyawa Hidrokarbon dalam Pembelajaran Mandiri Kelas XI di SMA Negeri 3 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2020/2021; 4) Penggunaan Two-Tier Multiple Choice Diagnostik Test untuk mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X SMAN 1 Tangerang Selatan Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit; 5) Upaya Mengatasi Miskonsepsi Hidrolisis Garam Menggunakan Pendekatan Conceptual Change dengan Model Flipped Classroom; 6) Analisis Literasi Digital Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Android Smart Apps Creator (SAC) dan Instagram dalam Pembelajaran Koloid; 7) Kemampuan Memahami Persamaan Reaksi Kimia di Era Pembelajaran Digital pada Siswa Kelas X MIPA SMAN 5 Palangkaraya; 8) Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Aplikasi Android berupa Weblog  Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Sistem Periodik Unsur; 9) Pengembangan  Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Siswa SMA/MA; 10) Desain dan Uji Coba Media Animasi Berbasis Chemo-Edutainment pada Materi Sistem Periodik Unsur.

    16-barcode-vol11-no2.gif

  • Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), Volume 11 Nomor 1 (2021)
    Vol 11 No 1 (2021)

    JRPK Volume 11 No 1 berisi 8 artikel: 1) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MIA pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit; 2) Pengaruh Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Kimia pada Materi Redoks dengan Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning; 3) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berkonteks Socio Scientific Issues Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Materi Asam Basa; 4) Pengaruh Media Penilaian Formatif Online Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Periodik Unsur; 5) Identifikasi Miskonsepsi Terhadap Konsep Larutan Penyangga Dengan Menggunakan Instrumen Tes Diagnostic Four-Tier Multiple Choice; 6) Identifikasi Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa Berdasarkan Socio-Scientific Issues (SSI) pada Materi Sistem Koloid; 7) Pengembangan LKPD Kimia Berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Materi Laju Reaksi; 8) Implementation of Cooperatives Learning Models Formulate, Share, Listen, and Create (FSLC) to Improve Student Associated Learning Achievement in The Key of Ion Balance and Salt Solution pH in Class XI MIA SMA Negeri 4 Pekanbaru.

    15-barcode-vol11-no1.gif

  • Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), Volume 10 Nomor 2 (2020)
    Vol 10 No 2 (2020)

    JRPK Volume 10 No 2 berisi 9 artikel: 1) Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terintegrasi Cooperative Learning Terhadap Motivasi Siswa pada Materi Pelajaran Reaksi Reduksi dan Oksidasi; 2) Pengembangan Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Prepare, Do, Review pada Materi Indikator Asam Basa; 3) Pengaruh Penerapan Model Blended-Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pesrta Didik pada Materi Asam dan Basa; 4) Penggunaan Aplikasi Google Classroom untuk Meningkatkan Persepsi Pembelajaran Digital Mahasiswa; 5) Analisis Konsep Kimia Terkait dengan Pembuatan Surfaktan dari Ampas Tebu; 6) Desain dan Uji Coba Video Pembelajaran dengan Bantuan Software Wondershare Filmora pada Materi Asam Basa; 7) Desain dan Uji Coba E-Book Berbasis POE (Prediction-Observation-Explanation) pada Materi Laju Reaksi; 8) Analisis Buku Teks Kimia Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Kelas XI Berdasarkan Indikator Literasi Sains; 9) Multimedia Interaktif dengan Penstimulasian Intelegensi Visual Spasial pada submateri Ikatan Kovalen.

    14-barcode-vol10-no2.gif

  • Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), Volume 10 Nomor 1 (2020)
    Vol 10 No 1 (2020)

    JRPK Volume 10 No 1 berisi 8 artikel: 1) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Berbasis Kontekstual (CBA) terhadap Literasi Kimia Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri Jakarta pada Materi Hidrolisis Garam; 2) Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Model Learning Cycle 5E Pada Pembelajaran Kimia Materi Asam-Basa; 3) Pengembangan e-Modul Elektrokimia Terintergasi Lingkungan Berbasis Kontekstual Untuk SMK Kompetensi Keahlian Teknik Otomotif; 4) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit; 5) Pengaruh Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Asam Dan Basa; 6) Analisis Pembelajaran Kimia Menggunakan Media Modul Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Merauke; 7) Pengaruh Integrasi Laboratorium Virtual dalam Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Elektrolit dan Non elektrolit; 8) Desain dan Uji Coba Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Probing-Prompting pada Materi Sistem Periodik Unsur.

    13-barcode-vol10-no1.gif