Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Software Wingeom terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMP Negeri 172 Jakarta

  • Siska Noviana Universitas Negeri Jakarta
  • Lukman El Hakim
  • Puspita Sari
Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, software Wingeom, kemampuan pemecahan masalah matematis

Abstract

Siska Noviana1, a), Lukman El Hakim2, b), Puspita Sari3, c)

123Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur

 

Email: a)siskanoviana17@gmail.com

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan Software Wingeom terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 172 Jakarta. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode quasi experimental (eksperimen semu). Desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 172 Jakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik Two Stage Sampling yaitu teknik purposive sampling dan teknik cluster random sampling sehingga terpilih kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis dengan  uji t’ memperoleh hasil tolak H0. Kemudian dilanjutkan dengan uji Cohen’s d dan memperoleh nilai d sebesar 0,6 tergolong dalam kriteria medium (sedang) dengan besar pengaruh 73%. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan Software Wingeom terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 172 Jakarta pada materi Bangun Ruang Sisi Datar sebesar 73% pada taraf signifikansi α=0,05.

 

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, software Wingeom, kemampuan pemecahan masalah matematis.

Published
2020-08-06