PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA KAHOOT! TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMAN 4 BEKASI

  • Kezia Margareth Ntjalama Universitas Negeri Jakarta
  • Tri Murdiyanto Universitas Negeri Jakarta
  • Meliasari Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media Kahoot! terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA Negeri 4 Bekasi pada pokok bahasan vektor di ruang dimensi tiga. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Bekasi yang tersebar ke dalam 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 5 dan X MIPA 6 dengan jumlah sampel sebanyak 80 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan analisis data, pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh hasil bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media Kahoot! lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media Kahoot! berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dimana berdasarkan perhitungan menggunakan Cohen’s Effect Size pengaruh yang diberikan tergolong dalam kriteria large (besar) yaitu sebesar 73%.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Kahoot!, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Published
2020-08-06