Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dan Self-Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

  • Khoirunnisa Universitas Negeri Jakarta
  • Ellis Salsabila Universitas Negeri Jakarta
  • Vera Maya Santi Universitas Negeri Jakarta
Keywords: kemampuan berpikir kritis, model missouri mathematics project, model konvensional, self-efficacy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran missouri mathematics project dan self-efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa SMP Negeri 232 Jakarta pada tahun ajaran 2019-2020 dengan sampel yang terdiri dari 64 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret 2020 pada pokok bahasan aritmatika sosial. Data yang digunakan diperoleh dari hasil tes kemampuan berpikir kritis dan hasil angket self-efficacy. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah treatment by level 2x2. Teknik analisis data menggunakan uji ANOVA dua jalan untuk mengetahui pengaruh utama dan pengaruh interaksi serta menggunakan uji Tukey untuk mengetahui pengaruh sederhana dengan taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kemampuan berpikir kritis siswa kelompok yang diajar menggunakan model pembelajaran missouri mathematics project lebih tinggi dibanding kelompok yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran missouri mathematics project dan self-efficacy terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (3) pada siswa dengan self-efficacy tinggi, kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran missouri mathematics project lebih tinggi dari siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (4) pada siswa dengan self-efficacy rendah, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran missouri mathematics project dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional.

Published
2021-03-07