Pengaruh Model Pembelajaran Van Hiele dan Kecerdasan Spasial terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di MAN Bekasi

  • Diah Citra Ningrum Citra MAN Bekasi
  • Lukita Ambarwati Universitas Negeri Jakarta
  • Pinta Deniyanti Sampoerno Universitas Negeri Jakarta
Keywords: model pembelajaran van hiele, kemampuan penalaran matematis, kecerdasan spasial

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan keterampilan yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Matematika merupakan hasil pemikiran manusia yang berkaitan dengan ide, proses dan penalaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran Van Hiele dapat memberikan kesempatan dan mendorong siswa untuk mempraktikkan keterampilan penalarannya dalam hal kecerdasan spasial siswa Sekaligus untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Van Hiele terhadap kemampuan penalaran matematis siswa di MAN Bekasi melalui penggunaan  materi dimensi tiga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen jenis Multistage Random Sampling. Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MAN di Bekasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Multistage Random Sampling yaitu kombinasi dari metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Stratified Sampling. Penelitian ini dilakukan di empat Madrasah Aliyah (MAN) di Negeri Bekasi yaitu MAN 1 Kota Bekasi, MAN 2 Kota Bekasi, MAN 2 Kabupaten Bekasi dan MAN 3 Kabupaten Bekasi dengan melibatkan 126 siswa dari kelas XII IPA. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan instrumen keterampilan penalaran matematis dan instrumen kecerdasan spasial. Uji instrumen dilakukan di empat sekolah kemudian data dianalisis, pertama dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan tes Kolmogorov Sminov dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett serta uji kesamaan rata-rata dengan menggunakan uji Anava satu arah. Sebaran data diperoleh menggunakan Desain penelitian menggunakan desain analisis (ANNOVA) dengan rancangan 2x2.Setelah diperoleh data sampel kemudian pengujian hipotesis dilanjutkan dengan uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov Sminov dan uji Levene dalam menentukan homogenitas. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji-t menghasilkan  sebesar 6,153 dan  sebesar 1,979 yang mengakibatkan H0 ditolak pada taraf signifikan 0,05. Oleh karena itu, hasil penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Van Hiele terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kecerdasan spasial siswa di MAN Bekasi diterima.

Published
2021-03-07