Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Concept Matematis dengan Pendekatan PMRI di SMP Daar En Nisa Islamic School

  • Nidia Rosita Daar En Nisa Islamic School
  • Wardani Rahayu Universitas Negeri Jakarta
  • Makmuri Makmuri Universitas Negeri Jakarta
Keywords: pembelajaran matematika realistik indonesia (PMRI), kemampuan pemecahan masalah, self-concept matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self-concept matematis di SMP Daar En Nisa Islamic School kelas VIIIA. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action classroom research) dengan menggunakan model Kemmis and Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswi kelas VIIIA tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 27 orang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, yang setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu:  perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Tes awal yang dilakukan sebelum penelitian dilaksanakan, hasilnya didapatkan rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah adalah 33,70 dan skor self-concept matematis sebesar 75,08. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir siklus I terjadi peningkatan rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah menjadi 43,40 dan skor  self-concept matematis menjadi 78,12. Pada akhir siklus II kembali terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah  dari 43,40 menjadi 75,49 dan self-concept matematis dari 78,12 menjadi  80,33. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan PMRI dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self-concept matematis pada peserta didik kelas VIII A di SMP Daar En Nisa Islamic School Bogor.

Published
2021-03-07