Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Leny Dhianti Haeruman Universitas Negeri Jakarta
  • Dwi Antari Wijayanti Universitas Negeri Jakarta
  • Qorry Meidianingsih Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jrpms.051.10

Keywords:

blended learning, learning management system (LMS), pembelajaran matematika

Abstract

Perkembangan teknologi mempunyai pengaruh besar dalam bidang pendidikan. Hal itu dapat dilihat dari berbagai inovasi-inovasi dalam bidang pendidikan yang menerapkan teknologi dalam pelaksanaannya, salah satunya dalam proses pembelajaran. Salah satu contoh penerapan ICT dalam pembelajaran yaitu penggunaan e-learning pada proses pembelajaran. Salah satu penerapan e-learning dalam pembelajaran yaitu penggunaan Learning Management System (LMS), di antaranya Schoology, Edmodo, dan Google Classroom. Salah satu model pembelajaran yang menerapkan ICT adalah model blended learning. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka. Temuan utama dalam penelitian ini adalah penerapan model blended learning menunjukkan efektifitas yang baik dalam pembelajaran matematika. Hal itu dikarenakan penggunaan LMS mempermudah siswa dan guru dalam proses pembelajaran karena dapat diakses kapan saja dan dimana saja tanpa terbatas ruang dan waktu.

Downloads

Published

2021-03-07