Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Bogor

Authors

  • Padwina Tresna Ayu Universitas Negeri Jakarta
  • Tri Murdiyanto Universitas Negeri Jakarta
  • Flavia Aurelia Hidajat Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jrpms.062.10

Keywords:

model pembelajaran kooperatif, team assisted individualization, kemampuan representasi matematis.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Di antara seluruh desain metode kuasi eksperimen, pada penelitian ini digunakan post-test only control group design. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII-B dan VIII-C di SMP Negeri 5 Bogor. Kemampuan representasi matematis siswa diukur menggunakan instrumen penelitian yaitu 3 soal uraian pada materi peluang yang telah valid dan reliabel. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi , didapat bahwa  dan  sehingga , maka  ditolak dan nilai Cohen’s effect size yang diperoleh adalah 0,976 yang termasuk pada kategori besar dengan persentase 82%. Berdasarkan hasil yang telah didapat, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bogor.

Downloads

Published

2022-10-01