PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWAPADA MATERI PYTHAGORAS KELAS VIII-E SMP NEGERI 115 JAKARTA

  • Alfian Tri Ananda FMIPA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Makmuri Makmuri FMIPA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Lukita Ambarwati FMIPA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Pendekatan Saintifik, Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW),

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasimatematis siswa melalui pendekatansaintifikdenganmodel pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) di kelas VIII-E SMP Negeri 115 Jakarta. Kemampuan komunikasimatematisadalah kemampuan mengkomunikasikan matematika baik secara lisan maupun tulisan dan cara berbagi ide serta mengklarifikasi pemahaman, maka melalui komunikasi, ide-ide menjadi objek refleksi, diskusi, serta perbaikan.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus dilakukan tahap perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dari bulan oktobersampainovember 2016 di kelas VIII-E SMP Negeri 115Jakarta tahun ajaran 2016/2017.Pada setiap siklus, siswa diberikan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan komunikasimatematis siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar tes, pedoman wawancara dan alat dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melaluipendekatansaintifikdenganmodel pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan komunikasimatematis siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata tes akhir yang diberikan pada setiap siklus. Rata-rata nilai tes akhir kemampuan komunikasimatematis kelas VIII-E pada siklus I yaitu 56,48, dan siklus II meningkat menjadi 68,29 dan siklus III meningkat menjadi 87,73.

 

Kata Kunci :Kemampuan Komunikasi Matematis, Pendekatan Saintifik, Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW),

 

Published
2017-08-19