Pengaruh Pembelajaran SAVI Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik di SMPN 1 Tambun Selatan

  • Aris Hadiyan Wijaksana FMIPA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Ayunabilla Suci Pratiwi FMIPA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Fariani Hermin Indiyah
Keywords: kemampuan pemahaman konsep matematika, pembelajaran matematika, SAVI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika. Penelitian dilaksanakan pada peserta didik kelas VII semester genap tahun ajaran 2017/2018 pokok bahasan Aritmetika Sosial di SMPN 1 Tambun Selatan, Bekasi. Metode penelitian yang digunakan quasi experiment. Pengambilan sampel tahap pertama menggunakan teknik purposive random sampling dan tahap kedua menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) kemampuan pemahaman konsep matematika yang terdiri dari 5 soal uraian. Pengujian validitas menggunakan validitas isi, konstruk, dan empiris. Pengujian validitas isi dan konstruk dilakukan oleh ahli dan perhitungan validitas empiris menggunakan rumus Pearson Product Moment. Perhitungan reliabilitas instrumen menggunakan rumus korelasi Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0.624 untuk pretest dan 0.633 untuk posttest. Berdasarkan hasil perhitungan data penelitian, kelas eksperimen dan kontrol berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians homogen. Terdapat tiga hipotesis yang diujikan. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan uji-t berpasangan dengan taraf signifikansi 0.05 dan pengujian hipotesis ketiga menggunakan uji-t tidak berpasangan dengan taraf signifikansi 0.05. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis ketiga, diperoleh dan sehingga hipotesis tolak H0. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model SAVI berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik SMPN 1 Tambun Selatan.

Published
2018-09-06