PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA POKOK BAHASAN BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP TERBUKA 264 JAKARTA BARAT

  • Nadiah Dirayati Atikah FMIPA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Makmuri Makmuri FMIPA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Tri Murdiyanto FMIPA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Keywords: Modul Pembelajaran Matematika, Bentuk Aljabar, endekatan Konstruktivisme

Abstract

Abstrak


Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan terhadap peserta didik dan guru SMP Terbuka 264 Jakarta Barat, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivisme pada pokok bahasan bentuk aljabar. Pendekatan konstruktivisme yang didukung beberapa penelitian relevan dianggap mampu membangkitkan motivasi dan minat belajar peserta didik. Implikasi pendekatan konstruktivisme yang diterapkan dalam pengembangan modul ini adalah Orientasi, Elicitasi, Restruksi Ide, Aplikasi Ide, dan Review.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development. Bahan ajar yang dikembangkan adalah modul pembelajaran matematika. Bahan ajar telah melalui validasi dan uji coba lapangan dengan instrumen penilaian yang valid. Modul diuji oleh ahli materi dan bahasa dengan nilai akhir 87,06% serta ahli media dengan nilai akhir 87,22%. Uji coba perorangan dan kelompok kecil dilakukan pada Juli 2018 di SMP Terbuka 264 Jakarta Barat dengan nilai akhir 88,72% dan 86,38%, dilanjutkan dengan uji coba kelompok besar dan guru dengan nilai akhir 88,76% dan 90,93%.
Dengan demikian, dapat disimpulkan dari hasil validasi dan uji lapangan bahwa modul yang dihasilkan berada dalam kategori sangat baik dan layak digunakan. Pengembangan modul dapat diterima dengan baik oleh peserta didik dan guru, serta dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.


Published
2018-08-30