PERBANDINGAN LATIHAN KNEE TUCK JUMP DAN BARRIER HOPS TERHADAP KEMAMPUAN LOMPATAN HEADING BOLA PADA ATLET SEPAK BOLA KLUB PUTRA INDONESIA

  • Sihabudin Sihabudin
  • Satia Bagdja Ijatna
  • Yasep Setiakarnawijaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui 1) peningkatan yang signifikan dari latihan knee tuck jump terhadap kemampuan lompatan heading bola, 2) peningkatan yang signifikan dari latihan barrier hops terhadap kemampuan lompatan heading bola 3) metode yang lebih efektif antara latihan knee tuck jump dengan latihan barrier hops terhadap kemampuan lompatan heading bola pada atlet sepakbola Klub Putra Indonesia Jakarta Pusat. Metode penelitian yang dipergunakan adalah eksperimen dengan pengambilan populasi 42 atlet. Setelah terkumpul peneliti melakukan pengambilan sample sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan maka terkumpulah 30 atlet, yang dilakukan teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Adapun instrumen penelitian menggunakan teknik statistic Uji-t pada taraf kepercayaan (signifikasi). Dari Hasil tes Latihan kedua kelompok yaitu kelompok Latihan Knee tuck jump Barier hops dan kelompok Latihan Barier hops terhadap tingginya lompatan heading bola diperoleh nilai rata-rata tesakhir sebesar 63,07 dan 54,80 dan simpangan baku sebesar 8,224 dan10,325. Berdasarkan hasil rata-rata diperoleh skor tertinggi pada kelompok Latihan Barier Hops dibandingkan kelompok Latihan knee tuck jump terhadap tingginya kemampuan lompatan heading bola.Untuk mengetahui adanya perbedaan antara kelompok X dan Y ditentukan dengan menggunakan uji t yaitu t-hitung sebesar 2,42 dan t-tabel pada taraf signifikansi 0,05 dandf (n-2) = 28 adalah 2,16. Maka t-hitung>t-tabel sehingga Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara Latihan knee tuck jump dengan Latihan Barier hops terhadap tingginya lompatan heading bola.


Kata Kunci : Latihan, Sepakbola, Heading, Knee tuck jump, Barrier hops

Published
2017-01-30
How to Cite
SIHABUDIN, Sihabudin; IJATNA, Satia Bagdja; SETIAKARNAWIJAYA, Yasep. PERBANDINGAN LATIHAN KNEE TUCK JUMP DAN BARRIER HOPS TERHADAP KEMAMPUAN LOMPATAN HEADING BOLA PADA ATLET SEPAK BOLA KLUB PUTRA INDONESIA. JSCE : JURNAL ILMIAH SPORT COACHING and EDUCATION, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-15, jan. 2017. ISSN 2548-8511. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jsce/article/view/1026>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Citation Formats