GAMBARAN FAKTOR - FAKTOR PENYEBAB MASALAH BERAT BADAN (OVERWEIGHT) ATLET PENCAK SILAT PADA MASA KOMPETISI

  • Ari Faizal Akademi Prestasi Olahraga Nasional
  • Faisal Kusuma Hadi Universitas Muhammadiyah Jember
Keywords: Berat Badan, Atlet, Pencak Silat, Kompetisi

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor  yang menjadi penyebab permasalahan berat badan (overweight) atlet Pencak Silat pada masa kompetisi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2018, di Gelanggang Olahraga Ragunan, Jakarta Selatan. Metode ini menggunakan metode survey angket dan wawancara serta menggunakan teknik purvosive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah atlet putra dan putri PPLP DKI dan Ragunan, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah atlet putera dan puteri yang mengalami masalah berat badan pada masa  kompetisi.

Hasil analisis data keseluruhan menunjukan bahwa gambaran faktor-faktor penyebab masalah berat badan padatnya frekuensi pertandingan dalam setahun sekitar 84,73%, mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis sekitar 84,6 %, mengkonsumsi makanan berlemak dan bersantan sekitar 83,33%, kepentingan pelatih yang ingin menentukan sendiri kelas bagi atletnya sekitar 81,76%, rendahnya disiplin atlet dalam menjaga berat badan sekitar 72,54%, kurangnya aplikasi pengetahuan pelatih tentang ilmu gizi dan fisiologi olahraga sekitar 29,75%, kurangnya perhatian pelatih dalam mengontrol berat badan sekitar 23,25%. Saran dalam penelitian ini yaitu pelatih dan pengurus harus mempunyai tujuan utama perihal target yang ingin dicapai, atlet harus bisa mengontrol pola makan, penentuan kelas tanding harus ditentukan oleh atlet sendiri sesuai dengan kondisinya, memasuki masa persiapan umum berat badan atlet harus dalam kriteria ideal, perlunya pengetahuan tentang ilmu gizi dan fisiologi olahraga, pelatih tidak boleh memaksakan atlet untuk mengikuti kelas tanding yang tidak sesuai dengan kondisi atlet, penurunan berat badan dapat menggunakan metode diet rendah beberapa hari menjelang pertandingan.

Kata Kunci: Berat Badan, Atlet, Pencak Silat, Kompetisi

References

Ganong, William F.MD. Fisiologi Kedokteran. EGC Penerbit Buku Kedokteran, (di terjemahkan Adji Dharma, 2003).

Hiromi Shinya,M.D. The miracle of Enzyme. (Bandung: PT. Mizan Pustaka,2008).

Lubis, Johansyah, Pencak Silat Panduan Praktis (Jakarta : Raja Grafindo Persada 2004)

M. Otok Iskandar dan Soemardjono, Pencak Silat,(Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, 1992)

Notosoejitno, Khazanah Pencak Silat, (Jakarta : Sagung Seto, 1997 )

O’ong Maryono, Pencak Silat Merentang Waktu, (Yogyakarta : Galang Press, 1999 )

Sugiyono. Metode Penelitian Administrasi. (Bandung, Alfabeta:2007),

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian. (Jakarta : Rineka Cipta, 1995)

Sukadji, Soetarlinah. Menyusun dan Mengevaluasi Laporan Penelitian, (Jakarta : UI-Press, 2000).

Sunita Almatsier. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001)

Published
2019-01-18